Beberapa waktu yang lalu, beberapa rekan blogger mengeluh sulit memberikan komentar ke blog ini bahkan ada yang mengatakan blog ini tidak bisa terbuka.
Bunda Siti bahkan menyampaikan setiap mau masuk keblog ini selalu mendapatkan pesan http 403 error. Hanya sesekali beliau bisa masuk keblog ini.

Mas Cahya juga mengeluh, tidak bisa masuk blog ini jika melalui koneksi MOBI yang digunakan, kecuali melalui warnet. Selain Bunda Siti dan Mas Cahya, ada beberapa rekan blogger lain menyampaikan hal yang sama (maaf, saya lupa siapa saja yang pernah mengeluhkan masalah ini).

Pak Aldy,
Dulu saya menemukan pengaya yang bekerja seperti ini, namanya “bad behavior” – menolak semua akses dari IP Address yang pernah atau dicurigai pernah melakukan spamming. Tapi setahu saya, “bad behavior” tidak memiliki akses/kerja sama dengan “Project Honey Pot”, – CMIIW.

Jadi bukan tidak bisa dibuka sih tepatnya, namun tidak diizinkan untuk diakses, jadi saat saya pakai dial-up MOBI, saya tidak diizinkan mengakses blog ini oleh setelan keamanan tersebut, tapi ketika saya pakai publik hotspot/wifi yang memiliki IP Address berbeda, maka saya dapat mengakses blog ini.

Kutipan diatas salah satu komentar Mas Cahya pada tanggal 30 Oktober 2010, jam 18:02 dan kebetulan pada saat saya sedang mencari tahu penyebab blog ini susah diakses pada sebagian netter. Bermodalkan keterangan tersebut saya mencoba mencari tahu lebih jauh mengenai plugins bad behavior. Dari sinilah awalnya saya memutuskan untuk menon-aktifkan pengaya tersebut.

Dan Alhamdulillah, setelah pengaya tersebut dibuang, umpan balik dari Mas Cahya menyebutkan bahwa blog ini sudah bisa diakses melalui modem MOBI yang selama ini terblokir oleh pengaya tersebut. Demikian juga komentar dari Bunda Siti, blog sudah bisa diakses.

Kepada rekan-rekan, saya mohon maaf jika selama ini terdapat gangguan yang tidak nyaman seperti ini. Kepada Mas Cahya, terima kasih umpan baliknya.

Penasaran dengan pengaya Bad Behavior ini? coba kunjungi WordPress.org/extend/plugins/bad-behavior untuk mendapatkan deskripsi dan mendownload pengaya tersebut atau datangi langsung website-nya.

Selanjutnya? mudah-mudahan saja tidak gangguan lagi.