Pekerjaan yang diberi tenggat waktu terlalu singkat, jujur saja membuat stres. Jika tidak dikelola dengan benar, pekerjaan yang diserahkan tidak akan rampung dan pada ujungnya masuk rumah sakit

Hari ini terasa lebih ringan, beban pekerjaan tambahan, sudah berhasil dirampungkan tadi malam. Deadline pada tanggal 10 November 2010 dapat diselesaikan dengan baik. Kopi pagi ini terasa lebih nikmat dari hari-hari sebelumnya.

Ada beberapa hal yang membuat target tersebut diselesaikan tepat waktu.

  • Perencanaan, walaupun tenggat waktu yang diberikan sangat singkat, rencana kerja dan kelengkapan lain wajib didiskripsikan agar masing-masing unit dalam team berjalan pada posisi yang sebenarnya
  • Team work yang solid, penyelesaikan pekerjaan tersebut melibatkan sebuah team kecil, masing-masing mendapatkan diskripsi pekerjaan, sehingga pada pelaksanaanya, masing-masing unit sudah tahu tugasnya.
  • Tenaga terampil, walaupun banyak tenaga yang dilibatkan, jika mereka tidak memiliki kapasitas, pekerjaan tersebut tidak mungkin diselesaikan tepat waktu.
  • Umpan balik, setiap unit yang sudah menyelesaikan sebuah sub pekerjaan, akan memberikan masukan untuk menyelesaikan rencana berikutnya. Masukan ini, sesuai dengan pencapaian pada tingkat sub sebelumnya

Ada hal-hal lain yang mendukung, walaupun sifatnya bukan major, misalnya tidak ada anggota tim yang jatuh sakit, peralatan berfungsi dengan sempurna serta jumlah peralatan pendukung yang cukup.

Walaupun sudah rampung, hari ini masih dilakukan review terakhir kali atas pekerjaan tersebut. Hmmm, saatnya meluruskan pinggang sejenak.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola