Tinjauan Ngonoo.com

Ngonoo.comPernah mendengar situs Ngonoo.com?, jika belum kita akan berkenalan dengan situs ini melalui tinjauan pandangan mata (visual review). Tujuan pembuatan tinjaun ini agar anda lebih mengetahui keberadaan situs yang baru lahir tersebut. Saya sengaja hanya menampilkan gambar-gambar yang mungkin perlu dilakukan perbaikan oleh para pengelola Ngono. Yo iki nek dirungo’no, nek mboten..yo ngono kui.

Mengusung tagline Informasi Social Media dan Tip Trik Online, Ngonoo.com berharap bisa memberikan informasi yang lengkap kepada anda khususnya media sosial, Tip trik online serta informasi umum lainya. Digawangi oleh orang-orang yang sangat berkompeten dibidangnya, ngonoo.com berpeluang besar menjadi salah satu situs yang bisa memberikan informasi terbaru dan kredibel.

Tinjaun ini dibuat dengan alat-alat pendukung, sebagai berikut:

  1. Notebook Dell Inspiron N Series
  2. Sistim Operasi Windows 7 Ultimate
  3. Peramban Google Chrome versi 18.0.1025.142 dan Mozilla Firefox versi 11, dalam kondisi standar
  4. Koneksi Internet menggunakan Modem Flash paket 3GB

Tampilan Halaman Utama

Secara umum tampilan halaman utama cukup baik, sederhana, didominasi warna cerah, hanya pada menu bar yang menggunakan warna hitam sama dengan bagian kaki situs. Pada bagian kepala situs, warna latar cenderung gelap, lebih gelap dari warna latar utama yang sama warna latar pada bilah kanan. Kombinasi warna yang lembut dan tidak melelahkan mata.

Top Menu

Ngonoo Top MenuSejatinya ini adalah Page Menu, karena terletak pada bagian paling atas situs, saya menyebutnya Top Menu. Pada bagian ini terdapat tombol Home, yang berfungsi membawa kembali pengguna ke halaman utama (beranda), Tentang Ngonoo, sekilas tentang situs ngonoo, Kontak Ngonoo merupakan halaman kontak yang dapat dimafaatkan untuk berkonikasi melalui email dengan redaksi Ngonoo. Sitemap, halaman arsip yang berisi tulisan-tulisan yang pernah dipublikasikan oleh Kontributor Ngono, yang agak mengherankan halaman ini dibuat menggunakan pengaya dari dagondesign, mungkin dengan pertimbangan kepraktisan saja. Atau Mas Jauhari lagi malas coding ya?
Pada ujung kanan tertulis tagline, tombol like facebook dan tombol follower twitter. Terjadi pelebaran pada jumlah pengikut di twitter yang dibiarkan (Nomor 1) lebar standar halaman situs hanya pada batas akhir reklame, sedikit mengganggu.

Nama Situs

Header Situs Ngonoo.comMenggunakan kata ngono sebagai nama situs memberikan kesan unik. Walaupun sedikit berbau jawa sentris tetapi saya percaya sebagian besar pengguna internet pasti tahu arti kata ngono. Menambahkah satu huruf ‘o’ memberikan penekanan ucapan pada kalimat tersebut seakan-akan benar begitu adanya, karena kata ngono bisa diterjemahkan menjadi, gitu (gitulah; seperti itu), tapi dibalik penambahan huruf o tersebut mengingatkan salah satu mesin telusur.

Nama situs dibuat warna merah hitam, dengan dua huruf o terakhir mengesankan kepada burung dengan memberikan contreng (huruf v?) sebagai paruh/patuk burung. Pada bilah kanan, terdapat banner iklan.

Menu Kategori.

Ngonoo Menu KategoriTerdapat 8 (delapan) kategori utama, yang dibagi lagi menjadi sub-sub kategori menggunakan dropdown menu, pembagian kategori dan sub kategori ini sangat memudahkan pengguna mencari file berdasarkan kategori yang diinginkan.
Pada kategori utama, dibawahnya terdapat penjelasan terhadap terhadap kategori tersebut, tetapi pada saat mouse hover terdapat popup dengan penjelasan yang sama, terdapat redudansi penjelasan disini. Walaupun popup tersebut merupakan bawaan dari wordrpess saya kira mas Jauhari tidak kesulitan untuk membetulkannya (jika dipandang perlu). Selain itu terdapat inkonsistensi, lihat pada kategori berita, tidak ada penjelasan kategori seperti yang lainnya (nomor 3) dan tidak ditutup dengan garis (nomor 2).

Bilah Utama.

Bagian ini merupakan area postingan, didesain dengan bagus dan tertata cukup rapi, dilengkapi dengan gambar-gambar dan potongan artikel sebagai upaya pengelola situs untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menentukan pilihan artikel.
Terbagi menjadi berapa kategori, tersusun dari atas kebawah.

  • Featured Post.
    Ngonoo feature postSaya menyebutnya feature post, karena tidak terdapat keterangan mengenai hal ini. Tampilan dibuat 4 (empat) feature dengan moda sliding otomatis, dapat dipilih secara manual melalui text yang terdapat pada bilah bawah. Terdapat tampilan yang cukup mengganggu, karena text judul jika lebih dari tiga baris akan melebar kebawah (nomor 4).
  • Tulisan Terbaru.
    Pada kelompok ini terdapat delapan tulisan terbaru yang ditampilkan, disertai dengan gambar kecil dan potongan tulisan, untuk mengaksesnya anda bisa meng-klik pada gambar atau pada judul tulisan yang terdapat dibagian bawah gambar. Tidak ada tulisan “baca selanjutnya” atau “readmore” karena memang tidak diperlukan. Tata letak dibuat berjajar serta rapi.
  • News In Grid.
    Dikelompok News In Grid, anda hanya disuguhkan gambar kecil (thumbnail) dari postingan sebanyak dua belas judul atau dua belas artikel, untuk mengetahui judul tulisannya terpaksa harus menggerakan tetikus keatas gambar tersebut (mouse hover) melihat dari susunannya, News In Grid ini merupakan tulisan terbaru tetapi ditampilkan dalam bentuk gambar dan ditampilkan sebanyak dua belas buah. (perhatikan gambar pada tulisan terbaru dan gambar satu sampai delapan pada news in grid).
    Sebagai pemanis tampilan, news in grid harus diakui sangat menarik. Melihat susunan gambar yang rapi jali, sedikit banyak pengguna akan penasaran apa gerangan yang ada dibalik gambar tersebut. Sayangnya informasi yang ditampilkan melalui balon popup agak sulit dibaca, karena menggunakan tulisan warna merah tua dengan latar warna hitam, andai tulisannya dibuat lebih terang atau seperti balon popup pada Post Galery, tingkat keterbacaannya menjadi lebih baik.
  • Social Media dan Tekno, Hiburan serta Tip dan Trik.
    Ngonoo kategori tip dan trikKe empat kategori ini sengaja saya gabungkan, karena posisi kolomnya sejajar. Cara penyajiannya juga sama. Tampilan ke empatnya sangat bangus, dihiasi gambar kecil dan judul tulisan pada sisi kanan, pada bagian bawah judul terdapat tanggal terbit dan jumlah komentar.
    Kesejajaran tampilan awal sayangnya tidak ditutup dengan tinggi kolom yang sama tinggi, ini disebabkan salah satu judul artikel pada kelompok Social Media lebih empat baris yang mengakibatkan tampilan menjadi memanjang kebawah. Memanjangnya kolom social media kebawah berimbas pada tampilan Kolom Hiburan yang menjadi semakin turun dan membuatnya menjadi tidak sejajar lagi dengan kolom Tip dan Trik.
    Andai saja Kolom Media dan Tekno dibuat sama tinggi (tinggi keseluruhan), maka tampilan kolom Hiburan dan Tip dan Trik akan terlihat ‘manis’ karena pada ketegori akan sejajar lagi.

Bilah Kanan Situs

Ada banyak menu dan kategori yang ditampilkan, sehingga menjadi lebih mudah lagi bagi pengguna untuk melakukan penelusuran dan semua informasi diserta dengan gambar kecuali Top Contributors, categories. dan Archived dan Pages tidak termasuk Tag Mesin Pencari. Tetapi ada juga yang hanya berisi gambar tanpa informasi apapun kecuali pada saat di hover dengan tetikus.

  1. Tombol Twitter dan RSS Feed,
    Twitter dan RSS FeedPada bagian paling atas bilah kanan, terdapat tombol Twitter yang mengarahkan pengguna ke laman twitter milik ngono, dilaman ini pengguna bisa langsung membuat akun twitter (yang belum punya) atau menjadi pengikut (follower) Ngonoo.
    Pada sisi kanan Tombol Twitter terdapat tombol RSS Feed, yang berfungsi membawa pengguna ke halaman Feed milik ngonoo yang diberdayakan oleh Feedburner. RSS Feed hanya dalam bentuk potongan artikel. Tidak seperti bagian lain, kedua tombol ini memberikan perubahan apapun kecuali pointer mouse yang berubah menjadi gambar tangan. Perubahan (misalnya warna), akan sangat membatu pengguna.
  2. Kolom Pencarian,
    kolom pencarian ngonooKolom yang terletak dibawah tombol twitter dan RSS Feed ini, akan mempermudah melakukan pencarian, hasil pencarian ditampikan sangat bagus, dengan gambar yang besar, judul tulisan, tanggal publikasi dan jumlah komentar. Setiap pencarian menghasilkan 10 (sepuluh) artikel. Mungkin perlu dipertimbangkan memberikan warna yang berbeda pada saat kolom pencarian dalam kondisi aktif, selain itu pada saat tombol “search” dihover, pointer mouse tidak berubah, bagi pengguna baru mungkin sedikit kagok.
  3. Kolom/tombol Media Sosial,
    Media sosial NgonooPada kelompok ini, pengguna dimanjakan dengan banyaknya media sosial yang bisa diikuti. Melihat laman Google+ dan bergabung dengan ngonoo, tombol Publicly recommend on Google, Tombol Like Facebook, dibawahnya ada lagi tombol Publicly recommend on Google, tombol follower twitter. Kelompok dibawahnya terdapat kolom langgan melalui surat elektronik, dan dikelompok akhir Tombol RSS Feed, Tombol LinkedIn dan Google+, terakhir tombol halaman kontak.
    Terjadi pengulangan tombol yang sangat dekat yaitu tombol Google+ (nomor 8) dan tombol Publicly recommend on Google (nomor 9).
    Jarak bagian atas dan bawah tombol like facebook dan Subscribe melalui email tidak sama lebar (nomor 10 dan 12) serta belum aktifnya profil di LinkedIn (nomor 13).
  4. Fresh Info,
    Pada bagian ini hanya ditampilkan sebuah informasi terbaru, sama dengan Recent Post dan Informasi Terbaru yang mebedakan hanya jumlah artikel yang ditampilkan dan layoutnya. Menurut aku, fresh info sebaiknya ditiadakan saja. Recent Post dan Informasi Terbaru sudah cukup.
  5. Random Post,
    Ngonoo random postTanpa judul, hanya ada gambar dan balon popup saat di hover. Saya menamakannya Random Posts, ini hanya diduga karena setiap penyegaran halaman gambarnya berubah (nomor 14). Sepintas tampilan sama dengan News In Grid. Keterangan tambahan bisa diperoleh dengan meletakan pointer mouse diatas gambar. Tingkat keterbacaan balon popupnya cukup rendah, karena menggunakan tulisan warna hitam dengan latar belakang transparan, menjadi semakin sulit jika gambar diatasnya berwarna gelap.
  6. Menu Tabulasi,
    Pada menu ini terdapat tiga tab yang bisa dipilih, masing-masing Popular Post, Recent Post dan Tag. Tampilnya bagus dan rapi, Popular Post dan Recent Post menampilkan lima artikel, tabulasi tag menampilkan tag-tag yang gunakan ngono dalam berbagai variasi besaran huruf.
  7. Latest Comments,
    Sama seperti menu tabulasi diatasnya, Latest Comments ditata sangat baik, dengan hanya menampilkan lima pemberi komentar terakhir. Menampilkan avatar default Ngono merupakan langkah jitu dari pada menampilkan avatar generik bawaan wordpress yang terbilang jelek.
  8. Recent Post,
    Selain terdapat pada menu tabulasi, recent posts mendapat tempat untuk berdiri sendiri. Ditampilkan sebanyak lima artikel dalam bentuk gambar kecil, judul artikel, tanggal publikasi dan jumlah komentar. Terkesan terjadinya pengulangan tampilan, walaupun pada menu tabulasi yang ditampilkan pertama kali adalah Popular Post, selain itu Recent Post sudah ditampilkan pada bilah utama.
  9. Tops Contributor,
    Menampilkan kontributor yang paling banyak mempublish artikel, informasi berguna bagi pengguna Ngonoo.com untuk mengetahui kontributor yang paling aktif sekaligus menjadi cambuk bagi kontributor lain agar mempublikasikan lebih banyak lagi artikel. Sisi lain, bisa jadi tampilan ini justru membuat lemah semangat kontributor yang sudah tidak mungkin lagi mengejar ketertinggalan untuk menjadi lima besar kontributor Ngonoo. Semoga saja tidak terjadi.
  10. Tag Mesin Pencari,
    Sedikit menimbulkan pertanyaan mengapa Ngono menampilkan Tag Mesin Pencari, menurut aku sebaiknya pengguna tidak perlu mengetahui tag ini, cukup para kontributor. Sebaiknya pengguna diarahkan menggunakan tag-tag yang sudah ada dan lahir dari artikel Ngono sendiri. Tag mesin pencari tidak banyak membantu pengguna.
  11. Categories,
    Ini satu-satu menu pada bilah kanan yang paling banyak menyita tempat, sampai-sampai merusak tampilan utama. Perlu dipertimbangkan untuk mengganti listing categories ini menjadi menu dropdown, selain lebih menghemat tempat, akan memperbaiki tampilan pada bilah utama (mengurangi bagian yang kosong dibagian bawah).
  12. Archives dan Page,
    Menurut saya, kedua menu ini tidak perlu. Pada saat jumlah artikel belum terlalu banyak seperti saat ini, tetapi ketika usia ngonoo.com semakin tua, maka listing archives ini semakin panjang. Sebaiknya disatukan dengan halaman arsip (site map) yang terdapat pada Top Menu. (Tidak sulit bagi mas Jauhari untuk mengubahnya).
    Demikian juga dengan Pages, saya kira cukup page yang terdapat pada Top Menu.
  13. Random Post (?),
    More random postDibawah menu Page, terdapat deretan gambar yang bisa diklik tetapi tidak ada judul (nomor 15), sementara judul artikel hanya bisa dibaca saat pointer mouse diletakkan diatas gambar. Melihat gambar yang berubah saat halaman diperbaharui, aku kembali menyebutnya sebagai Random Posts (sama dengan nomor 14) atau sama dengan deretan gambar yang terletak dibawah Fresh Info, yang membedakan hanya jumlah gambar yang ditampilkan dan cara menampilkannya.

Bilah Bawah Situs

  1. Tentang Ngono,
    Diawali dengan Logo Ngono (tidak bisa di klik), kemudian terdapat deskripsi singkat tentang situs ngonoo.com. Ini sebetulnya hanya versi singkat dari halaman tentang ngonoo yang bisa diakses melalui top menu dan menu pada ketegori page dibilah kanan situs. Tidak diketahui pertimbangan redaksi Ngonoo tidak membuat tautan ke halaman tentang Ngonoo.
  2. Kontributor,
    Daftar nama-nama kontributor Ngonoo, setiap nama bisa diklik dan akan membuka halaman baru yang berisi uraian singkat tentang kontributor dan dibawahnya berisi artikel-artikel yang pernah ditulis. Setiap halaman berisi 10 (sepuluh), sebuah sistem yang sangat bagus dan sangat mudah bagi pengguna untuk mencari artikel yang ditulis oleh seorang kontributor. Hasil yang sama akan didapat jika diakes melalui menu top kontributor, tetapi terbatas hanya pada lima orang kontributor terbanyak.
  3. Awan Tag,
    Berisi tag-tag yang digunakan pada situs Ngonoo.com, tag ini disusun sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna. Tag dengan huruf yang paling besar, menandakan tag yang paling banyak digunakan, demikian juga sebaliknya. Dari hasil penelusuran, setiap tag menghasilkan sebuah halaman yang berisi 10 (sepuluh) artikel dan jika lebih akan bersambung kehalaman berikutnya.
  4. Post Galery,
    Melihat post galery, tampilannya sama dengan dua tampilan tanpa judul dan secara sepintas sangat mirip dengan News In Grid, tetapi jika dicermati keduanya berbeda, walaupun terdapat artikel yang sama (sama thumbnail-nya). Informasi judul hanya bisa didapat dengan meletakan pointer mouse diatas gambar.

Kaki Situs

Situs ini di sponsori oleh bambut.in, situs toko dalam jaring yang menjual baju kaos unik dan erudeye.net sebuah asp.net web hosting.
Pada bagian akhir, terdapat tagline dan nama situs Ngonoo.com dibilah kiri, Ngonoo Media Network serta diberdayakan oleh WordPress pada bilah kanan.

Tampilan Tunggal (single-post) dan halaman lainnya

Halaman ini digunakan untuk menampilkan sebuah artikel secara penuh dan hasilnya sangat bagus, tampilan halaman tertata rapi, Judul artikel menggunakan huruf yang besar, tingkat keterbacaannya sangat baik. Terdapat infromasi tambahan seperti tanggal publikasi, nama penulis dan jumlah komentar. Pada bagian atas judul terdapat breadcrumb, yang dapat difungsikan sebagai tombol menu untuk kembali ke kategori.

Hal sama dapat dijumpai pada halaman-halaman lain, sekali lagi dengan lengkapnya informasi pada sebuah artikel sangat memberikan kemudahan kepada pengguna dalam menentukan pilihan bacaan berikutnya.

Pada bagian akhir artikel terdapat kategori, tag dan tombol sharing ke jejaring sosial, demikian juga pada bilah kiri halaman artikel. Yang unik, juga terdapat kalimat khas “ngonoo”, “Ngono loo…” dan kalimat-kalimat khas yang mengarah ke Ngono, walaupun ada artikel yang tidak memiliki kata/kalimat singkat khas ini.

Kemudian terdapat avatar dan deskripsi informasi singkat penulis Artikel, Blog Penulis, akun twitter, akun facebook serta google profile.
Dibawahnya menu artkel yang berhubungan (related post) yang berisi lima artikel dalam bentuk thumbnail, komentar dengan facebook social plugin dan Disqus.

Pada bagian akhir, menu kategori seperti Social Media, Tekno, Hiburan serta Tips dan Trik, bilah kanan, bilah bawah dan kaki situs sama dengan halaman utama.

Perlu diperbaiki lebar halaman yang mengandung video dari You Tube (nomor 16), salah satu contoh terdapat pada artikel tentang diperkenalkannya textbooks oleh apple.
Pelebaran file video

Perbedaan mencolok Peramban Google Chrome versi 18.0.1025.142 dan Mozilla Firefox versi 11

Situs ini tampil sangat baik di peramban Google Chrome ver 18.0.1025.142 yang saya gunakan, tetapi lain halnya jika menggunakan Mozilla Firefox versi 11. Padahal selama ini Firefox sering didengung-dengunkan sebagai perambannya para developer. Screenshot dibawah ini memberikan gambaran perbedaan tersebut. (semua gambar tersebut diambil pada tanggal 15 April 2012)

Tampilan Google Chrome versi 18.0.1025.142 ditandai dengan Logo Google Chrome dan tampilan Mozilla Firefox versi 11 ditandai dengan logo Mozilla Firefox.

Tampilan Kategori Menu

Perbedaan tampilan category menu

Tampilan Menu Tabulasi pada bilah kanan.

Tampilan menu tab
Selain kedua perbedaan diatas, saya tidak menemukan tampilan yang aneh lainnya. Yang menjadi pertanyaan, apakah Mozilla Firefox tidak menudukung @Font-face{} atau @Font-face{} Ngonoo.com tidak diatur untuk peramban firefox?

Hal-hal kecil yang mengganggu

  • Penggunaan Avatar, masih ditemukan kontributor yang tidak memiliki avatar, deskripsi penulis juga tidak ada, padahal ini cukup baik untuk membantu membentuk branding. Misalnya milik Fahmi Adib.
  • Redaksi sebagai kontributor? agak terasa janggal kalau redaksi masuk jajaran kontributor, entahlah jika ada pertimbangan lainnya.
  • Konsistensi penggunaan bahasa, pada top menu (nomor 1) follower twitter menggunakan bahasa Indonesia, tetapi pada kolom/tombol media sosial di bilah kanan (nomor 11) menggunakan bahasa Inggris. Pada bilah utama terdapat kategori Tulisan Terbaru, sementara pada menu bilah kanan Recent Posts (pada menu model tabulasi dan tidak). Semua judul kategori menggunakan bahasa Inggris, tetapi tidak untuk Tag Mesin Pencari. Judul Kategori bilah bawah menggunakan bahasa Indonesia, tetapi tidak untuk Post Galery.

Simpulan

Dari sisi materi secara umum sudah cukup baik untuk situs yang masih belia, yang penting materi selalu yang terbaru, tidak harus serius, sesekali yang bersifat banyolan juga perlu agar pembaca tidak jenuh. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti sangat membantu pengguna dalam penerapan tip dan trik dan memahami artikel-artikel lainnya.

Ngonoo diharapkan tetap mempertahankan kata/kalimat singkat seperti “ngonoo…”, “ngonoo lo…” sebagai bagian dari branding ngono itu sendiri (ups…internet marketer ngonoo lebih paham), selain itu kutipan minggu ini (QUOTE OF THIS WEEK) seperti yang hadir pada halaman Rekap Ngonoo juga sangat bagus. Dan hampir lupa, semboyan “belajar tak pernah semudah ini” sangat layak menjadi bagian dari pembangunan image pengguna terhadap ngonoo.

Perbaikan tampilan bukanlah pekerjaan yang sulit untuk Mas Jauhari, karena melihat layout yang digunakan lebih condong ke model desain yang sering digunakan beliau. Tidak mengecilkan peran pendiri yang lain, tetapi situs seperti ngonoo secara otomatis sudah menempatkan orang-orang yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Mosok ahlinya internet marketing disuruh mendesain situs?

Tinjauan ini dibuat semata-mata mengikuti keinginan para punggawa Ngonoo.com, tidak bermaksud menonjolkan kekurangan atau mendiskreditkan. Syukur-syukur kalau tinjauan ini bisa memberikan nilai positip untuk perbaikan. Tiada gading yang tak retak, tapi bukan berarti gading yang retak tiada harganya. Ngonoo lho…mas.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

96 Tanggapan

  1. dwi says:

    bukankah banyak situs terkenal menggunakan ‘O’

    google
    yahoo
    amazon
    bloomberg
    dll

  2. Endi says:

    ini Om Aldy yang review sendiri yah?

    Menurut saya, sidebarnya kepanjangan Om:)
    Oh iya, saya suka dengan tulisan logonya, unik dengan perpaduan warna merah dan hitam, cocoklah.

  3. Zuhdi Travelife says:

    templatenya ngonoo keren. simple & elegan. 😀

    nice review

  4. Deka says:

    Ooom tambah keren aja nie kalo ngereview, hehehe…

  5. Deka says:

    Kalo mau menurut saya sich, halaman utamanya terlalu banyak info om, terlalu complicated yang ingin disampaikan,…

    • Aldy says:

      Mungkin maksudnya untuk mempermudah pengguna 😉

      • Deka says:

        Yoi om, logika sich pengunjung yang baru datang masak di suguhi informasi yang begitu buanyaknya. kalo didukung dengan penempatan posisi yang pas gak pa2 so pasti lebih bagus. mereferensi dari situs seperti yahoo homepage and detik walaupun info pada halaman homepage buanyak tapi proporsional pembagiannya sangat jelas, tinggal klak klik langsung dapet info yang dibutuhkan, so easy lah kalo bahasa dusun saya om. hahahaha…

        itu mah menurut saya yah om,…

        • Aldy says:

          Sekarang, mungkin sedang diperbaiki. Komentar mas Jauhari, theme in house sedang dibangun. Semoga saja, setelah tema itu jadi, sesuai dengan keinginan banyak pengguna termasuk DEKA.

  6. Wah..reviewnya panjang x lebar dan lengkap amat Pak Aldie.. Yang direview pasti seneng banget ini..

  7. giewahyudi says:

    Wah reviewnya keren banget, jadi pengen langsung ke TKP. 🙂

  8. idgadgetblogs says:

    ke TKP dulu dab

  9. Sugeng says:

    Oooo ngono ta mas, review yang lengkap meskipun tidak saya baca semua 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  10. Evi says:

    Saya suka melihat logo Ngonoo..Dua mata yang kesannya sedang tertawa. Semoga para pengunjung situs Ngomong emang begitu, punya pengalaman menarik kala berkunjung kesana

  11. Saya baru tahu ngonoo di sini Pak 🙂