Anda salah, lalu?

Judul dengan pertanyaan diatas adalah judul yang bodoh dan dungu. Jika salah (terbukti secara sah dan meyakinkan), tidak ada lagi peluang untuk mencari alasan, jalan terbaik dan mulia yang dapat anda lakukan adalah MEMINTA MAAF.

Anda Malu? buang kemaluan anda jauh-jauh.

Anda Gengsi? silahkan makan gensinya sampai puasa anda batal.

Anda merasa derajat anda lebih tinggi? hey…Tuhan tidak butuh derajat mu bok! dimata-Nya kita ini sama saja.

Anda takut permintaan maaf anda ditolak? datangi dan minta maaf. Ingat, tidak semua permintaan bisa dikabulkan, jika anda sudah minta maaf tetapi dia tidak memaafkan anda, setidaknya anda sudah punya niat baik mengakui kesalahan yang telah anda lalukan. Tuhan saja tidak mengabulkan semua permintaan umat-Nya. Apalagi dia orang tempat anda melakukan kesalahan.

Introspeksi diri, coba berkaca (awas, jangan karena buruk rupa, cermin dipecahkan), mengapa anda bisa melakukan kesalahan tersebut, ini berfungsi sebagai alarm bagi anda agar kejadian konyol tersebut tidak terulang kembali.

Jika demikian adanya, masih perlu mencari alasan untuk tidak meminta maaf? Permintaan maaf tidak akan menurunkan citra diri anda, tetapi justru mengangkatnya dan menunjukan bahwa anda mahluk yang berjiwa besar.

Mungkin rekan-rekan narablog berniat menambahkan yang lainnya? Monggo.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

64 Tanggapan

  1. Clara says:

    minta maaf dan memperbaiki kesalahan 😉

  2. nissa says:

    kalu ndak pernah salah berarti bukan manusia.
    tapi kalu ndak pernah sadar dari kesalahan, itu manusia si, tpi kebangetan. huff…

    salam kenal
    http://blog.beswandjarum.com/annisadwianggraini

  3. Denuzz BURUNG HANTU says:

    berkata kalo memang saya salah… lalu minta maaf …

    salm akrab dari burung hantu …

  4. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Pa kalau salah dalam ulangan kaga ada ampun pa walau sudah minta maap angka merah keluar juga pak
    Makasih pak Aldy atas ilmunya kadang saya masih sering sombong untuk meminta maap
    Salam Takzim Batavusqu

  5. febriy says:

    keren pak… kalo salah memang solusinya itu…. solusi dari zaman bahooolakk…. 😀 kadang meminta maap itu malu, memalukan….. tapi ya emang pada dasarnya orang pemalu ya harus ga malu…. bismillah…..
    anda lapar? tidur….. 🙂

    • Aldy says:

      Kalau sudah salah ya minta maaf, walaupun pemalu dan telah membuat malu, jalan terbaik untuk membuang malu dan tidak malu-maluin lagi ya minta maaf.

  6. adin says:

    lebih baik lagi kalau minta maafnya tu karena kita menyadari sendiri kesalahan yang udah dilakukan meskipun orang lain belum menyadari itu…

  7. fanz says:

    maaf yah om.. saya komen disini yah 🙂

  8. dafiDRiau says:

    kalau kita salah y harus minta maaf…

  9. and1k says:

    ikut aja kang ama yang atas

  10. IndahKasihku says:

    Salam Tuan Aldy… maaf baru sempat hadir lagi.
    Alhamdulillah… Indah tidak sukar untuk memaaf dan meminta maaf. walau pahit jika bersalah.. Indah akan berusaha melakukan permohonan maaf dengan segera kerana tidak mahu berpanjangan dalam dosa.

    terima kasih Tuan Aldy akan pesan yang berguna.
    Salam keindahan ramadhan dari Indahkasihku.

  11. kangmas ian says:

    saya mohon maaf atas semua kesalahan 😀

  12. karzanik says:

    Sebentar lagi mau lebaran…
    mohon maaf lahir dan batin…. 😀

  13. maafin aku ya Mas Aldy ……..
    besok2 gak buat lagi deh kesalahannya ………… 🙂
    salam

  14. ganda says:

    Saya salah, ya berkaca, introspeksi, mengingat-ingat kesalahan, dan memperbaikinya. There are no perfect humans.

    • Aldy says:

      Memang tidak ada yang sempurna, tetapi niat untuk memperbaiki kesalahan dengan meminta maaf kita menjadi tahu dengan manusia seperti apa kita berhadapan.

  1. 28/08/2010

    […] pada bulan ramadhan ini. Tetapi tetap diupayakan. Rekan-rekan yang belum sempat dikunjungi, saya mohon maaf. Nanti lebaran saya […]