Avatar dengan Foto Sendiri Sama Dengan Narsis, Benarkah ?

Artikel ini berasal dari perbincangan offline dengan teman-teman saya yang saat ini baru “belajar ” ngeblog. Dari hal yang non prinsip sampai pada hal yang prinsip. Dari sekian banyak yang dibahas entah mengapa saya tertarik dengan pendapat salah seorang teman yang mengatakan bahwa membuat avatar dengan foto sendiri adalah perbuatan narsis. Saya mungkin tidak perlu menjelaskan lagi arti/makna kata narsis, karena saya yakin rekan-rekan blogger pasti sudah tahu.

Kemudian dengan ilmu tenggelam-timbul yang saya miliki saya mencoba untuk menganalisa ( tentu saja analisa sekenanya ), benarkah avatar dengan foto sendiri adalah pebuatan yang Narsis ?

Jika merujuk pada kata narsis, mungkin ada benarnya penggunaan avatar dengan foto diri sendiri masuk kategori Narsis, apakah perbuatan itu dibenarkan ?

Please, jangan tanya saya dari sudut pandang agama, jika dari sudut ini yang rekan-rekan maksudkan silahkan tanyakan kepada kakak saya Mbak Dewi Yana.

Saya hanya mampu melihatnya dari sisi Self Branding, menurut saya, avatar dengan foto diri lebih menunjukan identitas yang jelas pemilik blog, dengan demikian jika kita sudah familir dengan avatar blog tertentu, tanpa melihat alamat blog, hanya dengan melihat avatarnya saja kita sudah tahu ini blog siapa, ini artikel siapa atau ini komentarnya siapa.

Saya sendiri, menggunakan avatar yang berbeda untuk setiap email saya dan saya enjoy melakukannya, rekan saya yang lain Mas HP Nugroho juga memiliki dua atau tiga avatar, Mas Abdul Cholik juga menggunakan avatar yang berbeda untuk setiap emailnya.

Lantas adakah yang salah ? saya mengatakannya TIDAK SALAH. Adakah pendapat rekan-rekan yang lain ? jika ada dan tidak berkeberatan mohon sharing alasan menggunakan avatar dengan foto sendiri.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

45 Tanggapan

  1. BENY KADIR says:

    Terimakasih infonya,Mas.
    Akan dicoba,kalo berhasil,akan tampil di mana2 biar dunia gempar melihat muka saya yg buruk,hehehe

  2. BENY KADIR says:

    Terimakasih infonya,Mas.
    Akan dicoba,kalo berhasil,akan tampil di mana2 biar dunia gempar melihat muka saya yg buruk,hehehe

    Tapi,apa bisa ya? Saya cuma pake hp nih.

    • Aldy says:

      Kalau hanya upload gambar ke gravatar.com untuk avatar seperti nggak ada masalah Mas, mohon maaf saya belum pernah mencoba mas. Atau kalau kerepotan kewartel aja sebentar.

  3. melly says:

    hehe..aku pake gambar sendiri nih pak di blogdetik 😀
    gpp ah narsis 😛

    • Aldy says:

      Ya dech, narsis dikit nggak apa-apa.
      Tadi barusan dari blognya melly, ada sesuatu yang hilang ?

  4. badruz says:

    ah…wajar dan biasa saja Mas, narsis tidaknya mungkin tergantung pada tampilan avatarnya, he..he…

    saya sendiri, malah sedang gusar..belum bisa nampilin avatar di blog dot inponya. terima kasih jika panjenengan mau membantu upload avatar gimana caranya, he..he…

    • Aldy says:

      😀 ya sih kang, itu sih pendapat teman, saya sendiri mah enjoy atuh kalau avatarnya foto sendiri. Mas Benny bilang biar Dunia tahu.

  5. badruz says:

    Tuh Kan mas, punyaku nggak ada avatarnya, jadi nggak menarik dech….

    • Aldy says:

      Nggak apa-apa ntar kalau udah muncul ditempat saya juga bakalan berubah kok, seperti milik Mas TuSuda.

  6. Khery Sudeska says:

    Saya setuju dengan, Pakde. Walau saya nggak make foto sendiri untuk avatar, tapi branding saya rasa2nya cukup jelas; Valentino Rossi 😉 Kalo lagi jalan2 BW maka Rossi-nya pake helm dan ngendarai motor. But, kalo di rumah sendiri, baru Rossi-nya buka helm dan berlagak kaya lagi bicara di podium… :mrgreen:

    • Aldy says:

      Hahaahaha….
      Yang penting kita sudah tahu mas, kalau Rossi yang ini Mas Sudeska, trus kalau Valentino Rossi yang lagi pake Kostum kuning berarti adipedia.com 😉