Berempati saat sahabat berduka.

Hidup ini ada tawa dan ada tangisan, ada bahagia pasti ada duka. Tidak selamanya selalu diisi dengan kegembiraan. Sebagai teman jika ada orang tua teman kita berpulang, idealnya kita harus datang kepemakaman untuk mengucapkan belasungkawa.

Dalam suasana duka ini, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, agar kedatangan kita kepemakaman tidak menimbulkan permasalahan dibelakang hari, hanya karena ucapan bodoh atau tindakan konyol yang seharusnya tidak dilakukan.

Jangan Sok Bijaksana.
Hidari memberikan nasehat-nasehat yang bodoh dalam kondisi duka seperti ini.
Misalnya anda mengatakan “sudahlah, jangan terlalu difikirkan” atau “sudahlah, jangan kelamaan sedihnya hidup harus terus berjalan”, dibalik kalimat itu tanpa sadar kita sudah meminta teman tersebut agar segera melupakan almarhum, padahal almarhum adalah orang yang paling dekat dengan teman kita.
Ucapan singkat “saya turut berduka”, merupakan ungkapan turut berbela sungkawa yang lebih dari cukup.

Jangan bertanya “kenapa ?”
Pertanyaan ini memaksa dia untuk mengingat kembali kejadian yang mungkin tidak ingin diingatnya. Jabat tangannya dengan erat, jika kita adalah teman dekat tidak salahnya memberikan pelukan kepadanya, atau jika anda merasa teman anda mencodongkan badannya keanda, peluklah dia. Ingat jangan mengucapkan apapun, cukup diam saja.
Ada pengalaman menarik mengenai hal ini, teman saya pernah terjungkal kena bogem temannya sendiri karena menanyakan “kenapa”, padahal teman yang bertanya tersebut sudah megetahui penyebab berpulangnya orang yang cintai pemberi bogem.

Cukup Diam.
Saya pernah menulis pada sebuah blog bahwa diam itu bodoh, tetapi dalam kondisi ini diam adalah emas. Berikan dukungan moral kepada teman anda dengan berdiri disampingnya pada saat jasad diturunkan keliang lahat. Cukup diam disampingnya, hal ini secara psikologis menyadarkan teman bahwa dia tidak sendirian dalam suasana duka.

Empati,
Jika teman menitikkan air mata pada saat jasad diturunkan keliang lahat, biarkan…, jangan menghalangi atau mencegahnya untuk menangis. Biarkan dia berkabung, karena ini adalah saat yang paling tepat baginya untuk menitikkan air mata.

Cukup ? Emang elo siapa Aldy nasehatin orang lain. Remember, saya tidak bermaksud menasehati orang lain, saya tidak bermaksud menggurui para senior. Tetapi saya kira, yang saya sampaikan diatas bisa dipertanggung jawabkan.
Rekan-rekan punya pendapat lain ? Sharing dikolom komentar dibawah.

Sumber gambar  : http://stat.ks.kidsklik.com/files/2009/03/269_duka_cita.jpg

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

37 Tanggapan

  1. nakjaDimande says:

    benar mas Aldy, sebaiknya kita hanya mendampingi tanpa banyak bicara.. yang perlu adalah melakukan apapun yang bisa dibantu bagi keluarga yang kemalangan.
    .-= nakjaDimande´s last blog ..Wanita Sempurna =-.

    • Aldy says:

      For All :
      Sebelum saya mohon maaf jika dalam beberapa hari ini tidak banyak online dan berkunjung ketempat sahabat, koneksi saya dalam keaadaan jeblog dan bikin stress.
      Yang saya jalani juga seperti itu bunda, hanya diam dan biasanya saya hanya menggenggam tangannya.

  2. Deka says:

    jujur aja saya agak jarang baca artikel sampai berkali-kali apalagi sampe belasan kali kecuali emang artikelnya berat atau sangat bermanfaat buat saya. Nah artike Om ini termasuk sangat bermanfaat sekali walau sekilas isinya sangat bertentangan dengan yang biasa di lakukan.
    .-= Deka´s last blog ..Download Lagu Sunda =-.

  3. Deka says:

    Hampir semuanya bertentangan dengan apa yang biasa saya lakukan dalam kondisi normal Om. Oya lupa keduaxxxxxx dan ketigaxxxx. heheheh
    .-= Deka´s last blog ..Download Lagu Sunda =-.

    • Aldy says:

      Kalau dalam kondisi normal kesannya memang ini bertentangan, tetapi coba Deka bayangkan jika lamarhum berpulang karena kecelakaan misalnya, haruskah itu kita tanyakan lagi ?

  4. Deka says:

    Keempatxxxx Mode ON
    Kok suasana postingan ini rada menakutkan dan menyedihkan om…???? btw ada apa nie nulis tentang ini…???
    .-= Deka´s last blog ..Download Lagu Sunda =-.

    • Aldy says:

      Sebenarnya sih tidak ada apa-apa, saya cuma teringat untuk menulis ini, siapa tahu ada manfaatnya untuk teman-teman yang lain.

  5. Deka says:

    Kelimaxxxx Mode ON
    Maaf OOT nie om, tar lihat puisi deka ya Om, hahahahah
    .-= Deka´s last blog ..Download Lagu Sunda =-.

    • Aldy says:

      Puisinya sudah Om lihat, dan Om salut, orang slengek’an bisa juga romantis.
      Tapi pada dasarnya orang yang memiliki Nama “Handayani”, cenderung romantis dan ….sedikit bawel.

      • Deka says:

        hahahhahah, sejak kapan ya, deka suka romantisan. perasaan gak pernah deh. kalo sekedar omongan atau tulisan mah iya.

  6. Wandi thok says:

    Mari kita mulai dengan 3M mas. 😆

  7. guskar says:

    saya tunjukkan rasa empati saya dengan jabat tangan erat, dan untuk yg sdh akrab akan saya peluk dia dng menepuk punggungnya, dng tidak banyak bicara.

    • Aldy says:

      Benar Gus, jika yang teman ini adalah teman dekat, saya biasanya memeluk ( tidak perduli dia perempuan atau lak-laki ).

      • Deka says:

        Kalo yang bening-bening gak usah ditanyai lagi, pasti saya peluk dengan erat, kalo perlu saya temenin teyuzzzzzzzzzzz…

  8. blue akan selalu mensupotymu saja selalu bang
    salam hangat selalu

    p cabar
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..Sang Gadis………….. =-.

  9. nia says:

    betul sekali..

    kalau sahabat dlm keadaan berduka, lebih baik kita diam dan jgn banyak bicara..

  10. kaskuser says:

    betul bgt…jangan sok bijaksana nasehatnya…bisa2 teman kita jadi aaarrrrghhhh

    Hi salam kenal just blogwalking doang. main dong ke blog saya

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/

    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/mrlist/1233/

    dijamin bikin KETAGIHAN..!!!

    salam

    (^_^)

  11. Deka says:

    Nie si empunya kemana…??? kok sepi amat.

    • Aldy says:

      Maaf Deka, koneksi om saat ini sedang tidak keruan, bahkan yang ada dikantorpun beberapa hari ngaco nggak keruan.

      • Deka says:

        Wah kalo begitu, siapakah yang patut disalahkan…????
        Mari kita tanyakan kepada rumput yang sedang bergoyang dangdut di blog deka. hahhahaha

        • Aldy says:

          Tidak ada yang patut dipersalahkan, yang ada hanya yang patut kita pertanyakan kenapa koneksinya dudul banget.

  12. Kita doakan saja semoga almarhum diterima di sisiNya dan mendapat akhir yang baik sesuai dengan amal salehnya.

  13. Deka says:

    Maaf OOT, Absensi dan mendo’akan semoga koneksi Om Aldy kembali normal dan kalobisa lebih cepat dan stabil dari sebelumnya. AMIEN.

  14. makngah lena says:

    iyyap .. dalam keadaan ini diam memang berarti emas ..
    diam memang lebih baik daripada slah ngomong ya , mas

  15. ode says:

    bagus saya suka artikelnyaa