Yang tersurat dan yang tersirat

Pernah mendengar ada teman mengatakan lain yang diucapkan, lain yang dimaksud? tidak semua orang mau mengatakan yang sebenarnya dengan kata-kata yang jelas. Banyak yang mengatakannya melalui kiasan, istilah-istilah tertentu dan ada juga dengan menggunakan kata-kata yang bersandingan maksudnya tetapi ada juga yang terbalik. Mengatakan baik tetapi bermakna jelek.

Demikian juga dengan pimpinan atau bos kita yang dikantor, pada waktu tertentu, entah sedang kena omel istrinya, entah sedang bete. Sebagai bawahan (nasib bawahan), kita harus pintar-pintar dikit menterjemahkan kata-kata pimpinan yang biasanya melayang seperti tissu bekas.

Berikut ini, beberapa kalimat (dikutip dari berbagai sumber) yang kadang dicetuskan oleh sang bos dan makna yang terkandung didalamnya.

“Anda sudah bekerja dengan baik, kok…”
Kalimat ini bisa bermakna : “Saya sangat senang dengan hasil kerja anda, tetapi saya tidak mau memuji anda berlebihan..”

“Sebagian dari hasil kerja anda harus ditingkatkan lagi…”
bisa diartikan : “Saya tidak perlu terlalu banyak menjelaskan tugas ini. Anda seharusnya lebih banyak mengambil inisiatif…”

“Saya kecewa dengan semua pekerjaan anda…”
Mungkin bos ingin mengatakan “Ada beberapa hal yang ingin saya bicarakan dengan anda, tetapi saya sedang malas…”

“Anda harus lebih berinisiatif lagi…”
Sama saja dengan bos mengatakan “Saya ingin kamu lebih banyak mengerjakan pekerjaan saya, karena saya butuh istirahat siang…”

“Tidak ada yang dipertanyakan lagi, kan…”
Anda sedang berada diujung tanduk, karena kata-kata ini bisa bermakna “Anda layak dipecat!, tetapi saya masih memberikan anda kesempatan sekali lagi…”

“Ok, lanjutkan pekerjaan anda!”
sama saja dengan bos mengatakan “Silahkan anda keluar dari ruangan saya”

Benarkah semua kalimat diatas bermakna seperti yang tertulis? ops, tentu saja tidak. Penafsiran ini tergantung pada kapan dan bagaimana situasi dan kondisi pada saat diucapkan, tetapi intinya mendekati makna yang sama.

Seperti itukah semua bos? sekali lagi tidak, setiap orang memiliki karakter sendiri, sehingga cara penyampaiannya tergantung pada karakternya masing-masing.

Ada yang ingin menambahkan?.

Β Β Copyright secured by DigiproveΒ Β© 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

104 Tanggapan

  1. hemm… memang aneh ya, semua juga terpengaruh dengan situasi dan kondisi. jadi harus pandai-pandai bawahan untuk mengerti maknanya dengan melihat situasi dan kondisi juga.
    Bali Villas Bali Villa

    • Aldy says:

      Mungkin karena bawaan karakter, yang menjadi masalah tentu yang mendengarkan, salah mengartikan, fatal akibatnya πŸ™

  2. apa kabar Mas Aldy?
    semoga selalu sehat ,amin
    dah lama gak mampir kesini, tau2 bajunya dah ganti…….kerenn….. ( siapa dulu dunk….hehehee…….Mas Aldy gitu lho)

    ini mungkin yg dibilang seni berkomunikasi ya Mas.
    jadi, bisa lihat sikon utk mengartikannya.
    salam

    • Aldy says:

      Alhamdullilah, baik bunda.
      Kenapa saja bunda menghilang selama ini, mencoba air force one?

      • hehehe………kalau nyoba air force one pastinya sama2 dong kita, ya khan? πŸ˜€
        bunda kemarin ini hrs nemenin ibu berobat kenegeri jiran krn jantungnya ada pembengkakan, Mas.
        alhamdulillah, sekarang dah mendingan, dah pulang kerumah lagi, hanya perlu recover di rumah dgn dibantu terapis.
        Salam

        • Aldy says:

          Alhamdullilah,
          syukurlah jika ibunda bunda Lily sudah mulai baikan, semoga beliau selalu dilimpahkan kesehatan oleh Allah SWT.

  3. tunsa says:

    hah, setiap orang mempunyai cara masing masing untuk berbicara om, ada yang langsung pada intinya, ada juga pesan tersirat, bahkan penuh teka teki, hehe…
    salam hangat dari denpasar

    • Aldy says:

      Saya menyukai orang yang bicara terbuka, walaupun pahit, setidaknya tidak perlu mengernyitkan kening untuk tahu maksudnya.

  4. susah juga yach menebak maksud yg sebenarnya πŸ™
    orang pintar sering kali bersikap bijak dalam menilai buruknya prestasi seseorang.
    trim’s atas sharingnya Pak πŸ˜€

  5. julie says:

    tidak semuanya mas
    alhamdulillah bos ku selalu mengatakan segala sesuatu dengan jelas
    kalo marah ya marah dan bilangin bahwa yang kulakukan salah
    kalo muji ya muji

    • Aldy says:

      Bos seperti ini perlu dipertahankan (emang dia atau kita yang perlu), tetapi kalau salah harus siap mental.

  6. Fadly Muin says:

    Anda perlu lebih memahami batas tanggung jawab anda..,

    artinya: sebenarnya anda bodoh atau pikun? hehehehe

  7. Brotoadmojo says:

    Terkadang penafsiran seseorang berbeda-beda dalam mengartikan sebuah kata. Seperti halnya kata-kata pujian yang sebenarnya hanya untuk menyindir orang lain, biasanya kata-kata ini terlontar dikarenakan rasa kecewa. Seperti kata “Wah, kerja kamu bagus…..” padahal hasilnya adalah sebaliknya… πŸ˜€

    Terimakasih

    • Aldy says:

      Benar mas, penggunaan kata-kata kiasan (terbalik) seperti ini biasanya dibarengi dengan suasana tertentu dan dengan roman/mimik wajah yang menunjukan ekspresi.

  8. usagi says:

    kunjungan di sore hari om.. (^_^)

    aku pernah dapet bos dengan berbagai macam kategori..
    jadi anak kesayangan yang selalu di bela, walapun sebenernya salah..she is my guardian angel,dan dia adalah yang terindah buat aku..
    tapi aku juga pernah dapet bos yang kerjanya marah..mrah mlu, selalu salah dan hobi teriak..teriak..dan aku cuma bertahan 3 bulan..habis itu kabur dah..
    dan sekarang dapet si kapten..
    yang super duper ajaib..kdang menyebalkan tapi kadang juga ngangenin..
    dan aku sayang kapten ku..jadi aku rela dianiaya kaya apapun..
    dia gak pernah muji kalau pas kita lagi berdua aja, tapi kadang kalau pas lagi meeting atau lagi sama orang lain..dia mau mengakui kalau aku bisa..
    (*dan itu yang bikin aku terharu..

  9. Saya lebih senang yang tersurat. Blak-blakan saja, yang penting masih dalam batas wajar, ndak perlu mencaci apalagi menghina. Kalau tersirat, lebih mirip seperti sindiran. Saya ndak terlalu suka. πŸ™‚

  10. Agus says:

    h**p://www.Ds-world.co.cc

  11. Masbro says:

    Lebih enak kalau diomongin langsung, pake bahasa yang sederhana. Jadi, pesan lebih mudah tersampaikan. Tapi itu menurut saya Om..

  12. Jeprie says:

    Mengingatkan pak. Gambar yang tiga di atas (about, archive, dari sahabat), ternyata ada di atas navigasi yang melayang. Jadinya ketika di-scroll navigasi tertutupi.

    • Aldy says:

      Hehehe…mas Jeprie benar-benar teliti.
      Saya masih mencari-cari mengapa posisinya bisa diatas top-menu jika discroll, terima kasih sudah mengingatkan.

  13. marsudiyanto says:

    Satu kalimat bisa seribu tafsir Mas…
    Sama seperti komentar saya ini…
    Singkat tapi penuh makna πŸ˜€

  14. hamida says:

    kalo isyarat naik gaji, biasanya bos bilang apa ya?

  15. Easy Speak says:

    segala sesuatu memang memiliki dua wajah mas, ada yang tesirat dan ada yang tersurat mas hehehehee πŸ˜€

    English Tutors Urgently Required

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
    g. Medan, Visit h**p://www.easyspeak.co.id
    h. Banjarmasin, Visit h**p://www.easyspeak.co.id

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: [email protected] within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit h**p://www.easyspeak.co.id for further information about our company.