Ayo, kita menanam pohon

Pada tanggal 27 November 2010, perusahaan tempat narablog bekerja ikut serta berpartisipasi membantu pemerintah dalam upaya menyukseskan Program Menanam Pohon Satu Milyar. Gerakan tersebut sebenarnya jatuh pada tanggal 28 November 2010 yang merupakan Hari Menanam Pohon, tetapi dengan berbagai pertimbangan, pelaksanaan dilapangan dipercepat satu hari.

Program ini melibatkan desa-desa yang terletak dalam areal konsesi dan diluar konsesi tetapi hanya terbatas pada Kecamatan Bukit Raya. Sebelum acara dimulai, dilakukan penyerahan bantuan bibit karet secara simbolis kepada para kepala Desa. Diharapkan dari bantuan bibit tersebut masyarakat membuat kebun entris bersama-sama dengan petugas dari perusahaan. Dari kebun entris itu nantinya akan melahirkan bibit karet yang siap tanam. Proses pembuatan kebun entris dan pembibitan, sampai penanaman dibawah bimbingan rekan-rekan divisi PMDH.

Ada beberapa jenis pohon yang ditanam, untuk lokasi yang berdekatan dengan pemukiman diarahkan pada jenis buah-buahan seperti durian, pekawai serta pohon trembesi. Untuk daerah yang agak jauh dipilih jenis pohon dari keluarga shorea.spp, seperti Tengkawang, Melapi dan Meranti merah.

Beberapa buah foto dibawah, diambil pada saat kegiatan berlangsung.

bantuan bibit

Gambar 1 : Narablog menyerahkan bantuan bibit karet unggul kepada salah satu kepala Desa di Kecamatan Bukit Raya - Kalimantan Tengah

pose ramai-ramai

Gambar 2 : Pose bersama Bp. Camat Bukit Raya, Para Kepala Desa dan Rekan-rekan dari PT. Sari Bumi Kusuma - Kalteng

menanam phon

Gambar 3 : Narablog sedang menanam pohon trembesi.

gaya

Gambar 4 : Rekan-rekan narablog bergurau disela-sela berlangsungnya kegiatan menanam pohon

rehat

Gambar 5 : Rekan-rekan sedang istiharat sambil menikmati snack.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat. Salam.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

71 Tanggapan

  1. lyna riyanto says:

    kegiatan yang sangat bermanfaat untuk anak cucu dimasa yg akan datang. Sedih sekali melihat bumi kalimantan ini dikupas habis untuk diambil isinya
    Semoga kegiatan ini bisa berlanjut..tidak hanya sekali dalam setahun. 🙂

  2. alief says:

    semoga kesadaran kita semua akan pentingnya pohon terus meningkat dan bisa menjadikan negara ini kembali menjadi sabuk katulistiwa

  3. eser says:

    Didaerah saya sudah jarang diadakan penanaman pohon bro… Instansi terkait maupun LSM peduli lingkungan sudah jarang melakukan penanaman pohon. Padahal dahulunya pemerintah gencar mengumandangkan kampanye penanaman pohon, bahkan sampai dibuatkan Perda..

  4. Anton Wijaya says:

    Wah baru tau saya bahwa 28 November 2010 hari menanam pohon, yuk menanam pohon.

  5. menanam pohon merupakan salah satu gerakan mulia melestarikan kehijauan bumi.
    salam kenal Pak.

  6. alamendah says:

    Tengkawang dan Shorea lainnya banyak yang mulai langka, tuh. Musti banyak ditanam

  7. iskandaria says:

    Baca istilah shorea.spp atau meranti, saya langsung teringat dengan mata kuliah Dendrologi Hutan beberapa tahun silam (nostalgia di kampus ungu Untan)..hehe

    Tapi pas liat foto nanam pohon di atas, ingatan saya malah ke masa SMA waktu ikut kegiatan Saka Wanabakti. Kami menanam bibit bakau di hutan bakau kuala Singkawang. Alhamdulillah hasilnya lumayan terlihat beberapa tahun kemudian.

    Menanam pohon sangat memberikan berkah/manfaat bagi kehidupan di bumi ini. Semoga gerakan ini makin banyak dan gencar dilakukan. Jika tidak, saya khawatir dengan persediaan oksigen yang semakin menipis dan ancaman bencana banjir yang sewaktu-waktu bisa datang kapan saja.

  8. indam says:

    wah, dengan begini bumi kita semakin hijau 🙂
    oia, numpang promosi, bolej kan? mampir di blogku ya 🙂

  9. achoey says:

    Met pagi Pak
    Salam semangat selalu!

  10. andank says:

    demi kehidupan nanti kita menanam pohon

  11. dedekusn says:

    Menanam pohon, kegiatan yg sangat mulya demi masa depan kita, anak cucu kita, generasi penerus kita.
    SUkses Bang!
    Salam hangat!

  12. Harus sering diadakan ni kegiatan. Jadi bumi kita kembali hijau.