Menuturkan bahasa Indonesia yang baik dan benar saja masih ambur adul, sekarang musti berbahasa Inggris lagi. Mau mabok? Bagi penutur bahasa Inggris, justru lebih mudah dibandingkan dengan bahasa Indonesia (stop, sekali lagi bahasa Indonesia yang baik dan benar, menganut faham valid tata bahasa yang baku).

Apa hubungannya? saya beranggapan (pribadi), setidaknya harus bisa bahasa Inggris pasif, walaupun blog yang dikelola menggunakan bahasa Indonesia. Pertimbangannya :

  • Mayoritas tutorial webblog, tips dan triks webblog, komputer dan pernik-pernik yang berkaitan dengan blog di tulis dalam bahasa Inggris. Hey, yang bahasa Indonesia juga ada. Ya, yang berbahasa Indonesia memang banyak, bagus-bagus dan baik, tetapi tidak lengkap. Biasanya hanya dibahas pada bagian-bagian tertentu saja. Bisa menunjukan yang mendekati kelengkapan tutorial seperti W3C?.
  • Mungkin suatu saat nanti berniat membuat artikel berbahasa Inggris dan mendapatkan bayaran. Menghayal boleh tidak?
  • Mayoritas bahasa daerah di Kalbar telah dikuasai, hanya bahasa Ut-Danum, Bekatik dan Bekidu yang belum dikuasai (daerahnya pernah dikunjungi tetapi bahasanya belum dikuasai)

Apa hubungan antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris?
Terkesan kontradiktif, bahasa Indonesia-nya sendiri masih tidak baku, kok nekad mau belajar bahasa Inggris. Kok kayak ember ya? Bodoh ach.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola