Blogger : Must be cool and smart?

kochprevpageMenjadi seorang blogger, haruskah dia “cool and smart“? pertanyaan simple ini selalu menggoda untuk diperdebatkan. Ada sebagian blogger mengaku secara terang-terangan bahwa dia bukan kategori cool and smart, ada yang mengaku cool tetapi tidak smart, ada kelompok lainnya mengaku smart tetapi tidak cool dan belum pernah menemukan blogger yang berani menyatakan dirinya benar-benar “cool and smart“, paling-paling hanya sebatas “try tobe cool and smart“.

Apa kriteria blogger cool and smart?
Definisi ini berangkat dari kata cool dan smart, yang umumnya di terjemahkan menjadi keren dan cerdas; memiliki kemampuan membuat artikel dengan baik, singkat, padat, mudah dicerna dan memberikan pengaruh (kesan yang baik) baik kepada diri siblogger maupun kepada yang membaca tulisannya.
Tetapi yang tidak kalah pentingnya untuk pahami, bahwa sebuah blog memiliki corak dan warna yang berbeda. Sehingga memberikan penilaian (katakanlah seperti itu) terhadap sebuah blog harus memperhatikan niche tulisan yang paling banyak terkandung didalamnya.
Misalnya :
Blog Catatan Pribadi, blog seperti ini bisa dikatakan cool and smart apabila pemilik blog mampu memberikan rangkaian tulisan yang berhubungan dengan aktifitas pribadi pemilik blog secara teratur, beberapa solusi, alur penyampaian cerita yang jelas dan menggunakan bahasa yang sederhana.
Tidak ada takaran berapa jumlah user yang datang berkomentar, blogger cool and smart tidak pernah memikirkan berapa jumlah user yang datang dan memberikan komenter.

Haruskah menjadi blogger yang cool dan smart?
Aku tidak menemukan kriteria secara tertulis dimanapun, terutama untuk blog-blog pribadi dan tidak bertujuan untuk dimonetasi, yang paling banyak disarankan hanyalah membuat tulisan pilar agar pengunjung selalu datang karena merasa ada sesuatu yang penting diblog yang mereka kunjungi. Jika merasa belum mampu melakukannya, tidak perlu putus ada. Teruslah menulis, menulis dan menulis. Tulisan yang publish secara teratur (3 hari satu tulisan, tetapi teratur waktunya), sudah membuktikan bahwa anda termasuk blogger yang cool dan smart.

Jadilah diri sendiri.
Tergoda dengan tulisan apik milik blogger lain dan berniat untuk mengikutinya? pun tidak salah, tetapi jangan meniru cara penyampaiannya, jangan menjiplak kata-kata yang digunakan (anda bukan plagiator) tirulah cara dia mendapatkan ide, ikuti cara blogger lain mengatur waktu postingan, kemudian tuangkan ide-ide tersebut menggunakan bahasa anda sendiri, buatlah alur cerita dengan gaya anda sendiri. Jadilah diri sendiri dalam tulisan tersebut, dan buatlah makna walaupun hanya bermakna untuk diri sendiri. Jadi, pengertian sederhananya blogger cool and smart itu, blogger yang mampu mengelola blog, membuat blog dengan gaya dirinya sendiri dan selalu menjadi dirinya sendirinya. Singkatnya menjadi tuan di ruang bloggernya sendiri.

Simpulan
Dampak baik atau efek positif yang timbul dikemudian hari hanyalah bonus dari kegiatan blogging yang dilakukan. Bagi saya, jika anda mampu membuat tulisan kecil, dengan gaya dan tutur bahasa anda sendiri, maka predikat blogger cool and smart layak anda sandang.

Lain-lain
Tulisan ini khusus buat kakakku (KakaAkin) yang akan merayakan hari jadi blognya yang ketiga, dia sendiri sudah menjadi blogger yang Cool and Smart, tetapi justru masih meminta definisi Blogger cool and smart, seperti yang tertulis dipostingannya Cool and Smart Blogger Giveaway

Image source :kochiwanaba.com

Tulisan ini akhirya ditetapkan sebagai salah satu yang berhak mendapatkan giveaway dari Kakaakin.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

70 Tanggapan

  1. 27/02/2012

    […] karena sangat jarang marah. Marah akan menghilangkan untuk sementara waktu otak anda yang cerdas. Marahlah dengan bijak. Aku pernah cicaci dengan dikatakan anjrit, tapi aku hanya senyum dan mengajak bicara yang […]