Buka puasa = Makan?

Jujur, kadang saya iri dengan teman-teman pada saat berbuka puasa, setelah seharian perut kosong, pada saat berbuka puasa, setelah minum air putih dan makan kecil, biasanya mereka langsung lahap menikmati makanan besar (nasi dan lauk pauknya).

Sementara saya? hanya minum air putih ditambah dengan minuman yang manis, makanan kecil dan ops… rokok 🙁 sementara untuk makan nasi dan lauk pauknya, saya butuh waktu minimal satu jam setelah berbuka puasa. Kalau dipaksakan perut saya akan sakit sepanjang malam atau jika tidak saya akan muntah. Entah apa penyebabnya, mungkin setelah seharian kosong, si perut butuh adaptasi dulu terhadap makanan yang masuk.

Salut buat rekan-rekan yang mampu langsung menikmati nasi dan lauk pauknya. Dan salut dengan kemampuan perut mereka dalam melakukan penyesuaian.

Mengapa saya sedikit mengeluh? awal puasa kemarin terjadi miskomunikasi dengan ibu-ibu yang masak, dan salah saya juga karena tidak memberi tahu terlebih dahulu kelemahan saya jika berbuka puasa. Waktu itu, setelah berbuka bersama, minum secukupnya saya langsung pulang kerumah, setelah menjalankan kewajiban dibulan ramadhan, saya kembali lagi kedapur. Apa yang saya dapati? Ow… seluruh lemari makanan sudah dalam kondisi terkunci, walaupun baru sekitar jam 21:00 WIB, saya tidak mau mengganggu ibu-ibu yang masak, mereka sudah dikamar masing-masing dan perlu istirahat lebih awal, karena akan bangun subuh untuk melayani makan sahur.

Akhirnya pulang dengan tangan hampa, bagusnya dirumah selalu tersedia Indomie Kaldu ayam dan telor, dengan sedikit terpaksa kedua jenis makanan tersebut menjadi sasaran. Agar kejadian yang sama tidak terulang, besoknya memberitahukan kepada ibu-ibu yang masak, bahwa saya makan nasi dan lauknya setelah selesai ritual ramadhan. Alhamdullilah, sekarang kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Notes : diperusahaan tempat bekerja, kami makan didapur khusus yang disediakan untuk staff senior, karena istri tidak ada dilingkungan camp.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

71 Tanggapan

  1. Clara says:

    kayanya akang punya asam lambung yaa

  2. Riky Rizkiyana says:

    Sesudah buka puasa saya langsung makan secukupnya (takut ngantuk pas taraweh). Setelah taraweh langsung melanjutkan makan 😆

  3. dedekusn says:

    Yg pasti pengalaman mengesankan, walau kurang srek dgn hati…. semoga ibadah Ramadhannya smakin meningkat 🙂

    Kebisaan dirumah sy pas masuk waktu buka, tajil dulu alakadarnya setelah shalat baru makan…

  4. sama dong dengan saya. kalo saya, biasanya, baru makan besar abis tarawih. alasannya: biar tarawihnya enak. gak nahan banyak beban di perut. hehe

  5. Sugeng says:

    Kalau aku biasanya buka dengan sekedar minum teh hangat serta makan camilan ringan. Setelah sholat maghrib baru makan nasi selanjutnya terserah anda 😆
    Salam hangat serta jabat serat selalu dari Tabanan

  6. Deden Hf says:

    Semoga selalu diberikan kesabaran, Om. 🙂

    temen saya juga gitu tuh, disaat buka bersama, dikala orang2 sibuk mengambil prasmanan, eh dia mah ngeliatiiiiin aja. jadi miris liatnya juga. mu makan duluan ga tega, kalau ngga makan, lapar. dilema jadinya.

  7. agung says:

    Memang lebih disarankan buka puasa dengan yang manis-manis dulu,
    setelah sholat taraweh baru makan nasi.

  8. fansmaniac says:

    Saya juga sama, saya gak bisa makan nasi langsung saat buka puasa.. katanya sunah nabi kita seperti itu mas.. minum dan makan yang manis, 1 jam kemudian baru makan berat

  9. agung says:

    Pak Aldy, Pak Irfan,
    kalau saya malah makan jam 9 lebih hehe :D.

  10. Kak Zen | Kembang Anggrek says:

    kalau saya makan habis pulang tarawih

  11. muamdisini says:

    lebih baik seperti itu pak…makan sekadar pengganjal perut setelah berbuka..
    nanti setelah tarawih dilanjutkan makan besar..hehehe

    salam kenal

  12. Didien® says:

    sama mas dg saya, ga bisa langsung melahap semua makanan di meja saat berbuka.
    tapi untungnya saya di rumah bukan di camp hehehe
    pakabar mas Aldy, lama tak singgah kemari.

    salam, ^_^

  13. Caride™ says:

    biasanya es kelapa muda sedikit mengembalikan tenaga setelah seharian puasa, kalopun ga makan besar sampe sahur inyaAllah kuat..asal di isi nasi padang hehehe *kidding*
    semoga lancar puasanya ya mas..amin

  14. d-Gadget™ says:

    tapi kebanyakan orang memang saat berpuasa g lgsg dg makanan berat deh mas…

  15. fanz says:

    kalo saya sih bukanya sama kurma sama air putih aja dulu.. abru abis shalat makan nasi dikit. hehehe