Distro OS Linux, Membuat saya bingung.

LinuxAkhir-akhir ini muncul pemikiran untuk menggunakan software yang tidak berbayar ( bukan tidak berlisensi; saya pernah bertengkar dengan teman gara-gara Linux Fedora, menurut teman Fedora itu Non Lisensi karena tidak bayar; sementara saya ngotot Fedora itu berlisensi cuma Lisensinya GPL ).  Entahlah siapa yang benar.

Sebenarnya ada pilihan yang sangat mudah, sejauh ini masih menggunakan Windows XP dan beberapa waktu yang lalu mencoba menggunakan Windows 7 Home Edition.  Sehingga pemikiran untuk menggunakan OS Open Source sebenarnya pemikiran yang cukup sia-sia.  Saya sendiri malah heran, sejak adanya kabar dari SFS tentang dosa-dosa Windows, jadi kefikiran kenapa tidak menggunakan Open Source saja ?

Padahal putri saya yang pertama sudah menggunakan Ubuntu Karmic Koala, Open Office 3.1.1, messanger dengan Pidgin 2.6.1 dan dan Laptop Asus, sepertinya tidak mengalami kesulitan.   Bahkan ketika saya mengatakan bahwa saya sudah menggunakan Windows 7, si cantik hanya tertawa ditelepon.

Saya sudah mencoba referansi, berbagai buku, majalah khusus linux sampai mencari di internet tapi masih belum mendapatkan gambaran yang jelas, sebenarnya distro mana yang paling baik dan cocok untuk kerja kantoran seperti saya.

Saat ini saya memiliki Distro Linux cukup banyak, dari yang tidak pernah saya dengar sebelumnya sampai yang sudah terkenal.  Mari kita lihat sama-sama :

  • Fedora 11 (full paket)
  • SimpyMepis 8.0.10
  • Ubuntu Karmic Koala
  • IGOS Nusantara 2009
  • Mandrake
  • Genome
  • Mandriva

Itu baru sebagian, masih banyak yang lainnya. Jujur saja sebetulnya saya tertarik dengan fedora, tetapi setelah saya bertanya dengan teman yang menggunakan Ubuntu, dia malah bilang Ubuntu yang terbaik.
Ketika saya bertanya kepad teman yang menggunakan Distro Blankon 4.0, ini teman malah bilang bagus Blangkon, maintenancenya mudah.
Kemudian saya bertanya kepada putri saya, dia juga bilang mana ada sih yang bisa mengalahkan Ubuntu ?

Mumet, barangkali inilah salah satu penyebab kenapa banyak pengguna Windows seperti saya malas beralih ke OS yang lain. Padahal sudah jelas, jika menggunakan Windows aplikasi utamanya harus bayar dan itu bukan nilai yang kecil.

Barangkali ada teman yang nyasar kesini dan kebetulan pengguna Linux ( dari Distro apapun ) mohon sharing. Mau baca manual Englishnya ? bisa mabok. Salam.

Ilustrasi Gambar : www.linux4windows.com

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

48 Tanggapan

  1. Komeng dulu ah…

    Gak usah bingung2 kakang… pake aja distro yang memiliki support yang baik, komunitas, dan update rutin serta terjadwal… dari sini aja kita bisa melihat bahwa distro tsb benar2 dimaintenance. Bukan hanya sekedar bikin distro, lepas ke public trus terserah pengguna, dan jika pengguna cukup beruntung maka distro tersebut akan terus dilanjutkan…

    Setahu saya ubuntu memiliki kriteria di atas. Saya pun awalnya sangat bingung milih distro mana yang mau saya pakai, akhirnya setelah coba sana sini ( proses sih kang ) distro manapun tidaklah menjadi masalah.

    Saya sependapat juga dengan Dani, memang lebih enak make yang debian base…meskipun saya juga menggunakan CentOS, FreBSD dan Slackware untuk server dikantor. Itu pun dikarenakan penyesuaian dengan kebutuhan saja.

    Belakangan juga saya menemukan CentOS sangat nikmat jika digunakan utk webserver, karena emang CentOS didesain utk ini.. tapi bagi yang lebih mengutamakan sisi keamanan keluarga BSD adalah pilihannya… tapi ini bukan berarti distro lain gak aman ya, tergantung the man behind the gun lah pokoknya…

    Oia…baru aja kelar beberapa hari ini setup server dengan menggunakan ubuntu, stabil dan kenceng… sebuah aplikasi sudah tersedia gak harus kompail sendiri. Tinggal ketik apt-get install [nam-aplikasi] aja…..dan beres…suport ma tutorialnya juga banyak…

    Kalau utk desktop sebaiknya pilih distro yang banyak dukungan terhadap hardware,karena pada penguna desktop akan banyak berhubungan dengan device2 i.e : modem, printer, gadget dl…..

    Terima kasih…

  1. 03/01/2010

    […] waktu yang lalu saya sempat kebingungan dengan Sistem Operasi Open Source Linux, kemudian saya posting permasalahan ini dan bisa dibayangkan para masternya linux Mas Dani Iswara […]

  2. 10/01/2010

    […] waktu yang lalu saya pernah menulis bahwa Distro Linux membuat saya bingung, bukan hanya bingung karena saking banyaknya tetapi karena saya juga memang belum mendalami linux ( […]