Hari ini, personfield.web.id kembali menggunakan baju baru.

personfield.web.idSetelah beberapa hari mengenakan baju lama, hari ini kembali mengenakan baju baru. Perbaikan baju baru inipun atas bantuan PHP Ninja. Menurut Bro Ganda pada artikelnya Fixing w3c lexical error at personfield.web.id, menyebutkan bahwa kesalahan pada penamaan theme yang memiliki space [personfiel revision one], hanya inilah yang dibetulkan oleh Bro Ganda Manurung. Dasar sayanya saja yang bebal.

Bukannya ingin membela diri, selain error tersebut. pekerjaan offline yang menumpuk bahkan mengejar seperti tukang kredit yang tertunggak 3 bulan terakhir, deadline pekerjaan yang susul menyusul seperti air bah juga menjadi tantangan sendiri. Sayang sungguh sayang, dengan segala keterbatasan pengetahuan dan waktu akhirnya PHP Ninja juga yang harus turun tangan.

Sebuah pelajaran yang sangat berharga, kesalahan simpel berbuah “petaka”, andai saja themenya saya namakan “personfield_revision_one” mungkin endingnya akan lain, nyatanya pada thereadnya side22.com semuanya sudah digambarkan secara eksplisit.

Apapun, akhirnya saya harus tersenyum lega, hari ini personfield.web.id sudah mengenakan baju barunya. Ternyata sesuatu yang simple tidak sesimple yang dibayangkan sebelumnya. 🙁

Okey, kita mulai perjalanan diawang-awang, melintasi satelite, jutaan kabel, dan singgah di pondok para narablog.

Smile and happy blogging.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

80 Tanggapan

  1. ganda says:

    Bahkan, aku harus mengakui, kenapa mesin WordPressnya tidak melakukan decode URI terlebih dahulu. Sungguh menjemukan. Dan kenapa validator W3C tidak memberikan error yang lebih manusiawi? Kenapa validator W3C tidak dimampukan untuk mengambil URI yang utuh, dan memberikan warning, bahwa URI nya tidak baik. Just my 5 cents

    • Aldy says:

      Saya juga bingung dengan penjelasan kesalahannya bro, makanya saya berkutat di file CSS dan HTML-nya, tetapi kesalahan justru hanya pada sebuah penamaan saja.
      Pada level expert mungkin hal ini sangat mudah, tapi bagi user pemula tentu saja membuat mumet. Jujur saja saya tidak pernah kepikiran jika errornya hanya sebuah penamaan yang mengandung space (walau mas Harry sudah mengingatkanya ); error yang disampaikan oleh W3C menurut saya terlalu robotik 🙁

      • ganda says:

        Pesan errornya memang kurang end user friendly. 🙁

        • Aldy says:

          Yah…mau gimana lagi bro, kenyataannya memang seperti itu, mungkin dalam pandangan W3C yang menggunakan situs mereka adalah para pengembang yang sudah selayaknya sangat paham bahasa-bahasa teknis. Yang ecek-ecek nggak masuk hitungan 😳

          • ganda says:

            Jika memang itu alasannya, saya sangat menyesal. Apa mereka pikir semua user itu expert? Developer tidak boleh mengasumsikan sesuatu tanpa melihat lebih dulu apa yang dilakukan user. Developer tidak boleh menebak sesuai keinginannya sendiri. Bertentangan dengan logika bisnis proses dalam pengembangan software. Apa yang dipikir developer, belum tentu terjadi di dunia nyata. Ini adalah hal yang fatal.

            • Aldy says:

              Dalam pemikiran saya seperti itu, tetapi mungkin saja berbeda dengan para expert. Bro ganda explore sendiri, semua pesan error yang ditampilkan oleh validator memang sangat teknis dan sekali lagi saya katakan robotik.
              Jika saja semua user bisa mengikuti W3C school, technical reportnya mungkin mudah dipahami, so apakah semuanya bisa ?
              Dan saya yakin dengan bahasa teknis seperti itu, hanya level pengembang saja yang bisa memahaminya ( maaf, tolong jangan menilainya dari kacamata seorang programer mapan ), untuk lever user yang hanya tahu PHP kulit luarnya saja dan hanya memahami beberapa syntax/notasi CSS, sampai jungkir balik juga nggak akan paham. Entahlah jika ada pemikiran lain dari para expert.

              • ganda says:

                Mungkin juga mereka berpikiran seperti itu bro. Soalnya, ada juga beberapa “requirement” kecil untuk mengerti suatu tools. 🙂 Hehehe… Pesan error ini, hampir seperti Segmentation Fault di bahasa C bagi saya. 😀 Hehehe…
                Bro benar, errornya terlalu teknis. Errornya tidak bisa di sebut end-user friendly, tapi cukup developer friendly. 😀 hehehe….

                • Aldy says:

                  Apa saya musti beralih kuadran menjadi developer ? have no time-lah. Udah jadi opung begini harus menjadi developer, mohon ampun dah.
                  Seperti cukuplah mengandalkan rekan-rekan narablog yang peduli dengan validasi dan sampai sekarang saya juga enjoy, narablog yang saya kenal tidak pelit dengan ilmunya.

                  • ganda says:

                    Tak harus bro. 😀 Walau terkesan sedikit ada “pemaksaan” karena requirement tersebut. Hehehe.. Lupain itu bro, you play a bigger role in this world. 😀

            • Harry says:

              Ck,… jadi dua kali nulis dunk.
              @Om Aldy,…
              Sepertinya begitu, tapi tidak terlalu robotik banget Om. Kita khan pernah membahasnya. Mereka sebenarnya membuatnya khan untuk konsumsi Author, Developer UA dan lain-lain yang notabene sangat teknis. Untuk enduser khan sudah sedikit diberi kelonggaran akses. Masalah 'njlimet', itu dia alasannya sampai saya beropini macem-macem tentang validasi.

              @Mas Ganda,…
              Dengan mengeluarkan banyak istilah May, Should, Might, Could, CR, WD dll. Rasanya mereka sudah mencoba untuk bernegosiasi dengan enduser mas. Jangan terlalu menyesal ach, kita juga sudah terlanjur terjerat didalamnya khan ?!? Semangat,… Semangat,…

              • Aldy says:

                Andai saja semua Expert bisa berbagi seperti Mas Harry, Bung Ganda, Bli Dani, Mas Adi dan Mas Anis mungkin saya tidak akan seribet ini, tetapi dalam kondisi tertentu para master ini bukanlah orang-orang yang fulltime hanya ngurusin validasi. FMIIW.
                Nyesel juga, dulu waktu sekolah kalau sudah pelajaran bahasa Inggris sering mabur dan sekarang dampaknya cukup terasa.
                Kadang saya berfikiran simpel, kalau bukan dengan Mas Harry, Bung Ganda, Bli Dani, Mas Adi dan Mas Anis, saya kudu nyeruduk siapa lagi ?
                Saya cuma berharap, yang saya seruduk tidak terpental karena otak yang mulai menua ini isinya sampah doang 🙁

                • ganda says:

                  Hehehe.. Saya memang bukan Blogger fulltime bro. 🙂 Saya setuju dengan bro Aldy. Everyone play their role. 😀
                  Ah, otak dengan isi GIS masa dikatain sampah bro, itu sangat berguna buat saya. 🙂

                  • Aldy says:

                    GIS itu kan hanya sebagian kecil saja bro, dan hanya pada level user saja. Bukan programernya GIS. Pengetahuan mengenai GIS pun hanya pada data reader saja, pengolahan data-data spasial dan parsial urusan teman-teman yang lain 😀

                    • ganda says:

                      Saya juga mau dong, kecipratan ilmunya. 😀 Anyway, ebooknya belum bro kasih. 😀

                  • Aldy says:

                    Oops, iya nih ebook GIS-nya 😉

              • ganda says:

                Mungkin mereka bernegoisasi dengan savvy-user, yang mengerti error teknis pak de. 😀

    • Kebiasaan buruk para pengembang yang gila teknis bro… sering kali menuliskan pesan error dengan sangat teknis.. Mudah2an kita kelak tidak demikian…

      Setahu saja, CMS yang pesan errornya sangat friendly adalah vbulletin, dijamin awam pun akan segera mengerti errornya…

  2. cempaka says:

    wah… emang butuh bersakit sakit dahulu ya pak 🙂

    selamat udah pake baju baru ehhehhehe

  3. Tambah ganteng neh mas personfieldnya dengan baju barunya. Isinya juga bagus-bagus. Sukses deh untuk personfieldnya

  4. narno says:

    dapat ilmu baru disini, alhamdulillah

  5. Hakim says:

    bang themenya bagus, lebih ringan loadingnya..
    ohya mau tanya nih, kok aldymy.name ga bisa di akses dari hape ya?

  6. delia says:

    wahhh panjang juga diskusinya dengan mas Ganda..
    semoga baju ini lebih tahan lama dan awet… habisnya dapatin nya juga pake perjuangan….
    dan mudah2an baju ini siap lagi dipake untuk perjalanan2an hebat di kalimantan 🙂
    kangen dengan cerita pak aldy ^_^

  7. TuSuda says:

    Mau juga dong Mas, dijahitin baju baru, biar loading blognya tusuda nggak bolong…

    • Aldy says:

      Saya sudah donlod themenya Bli Tusuda, ntar kalau sudah berhasil saya “obrak-abrik” akan saya kirimkan ke Bli, cuma saya minta waktu cukup panjang, maklum bli pekerjaan offline udah ngejar kayak tukang kredit keliling 😀

      • TuSuda says:

        He..he..keliling menghasilkan ya Mas. WAH..saya berterimakasih banyak, atas kesediaannya mengolah themesnya. Dengan sabar saya akan tetap menunggu hasilnya. MAKASI banyak ya MAS..MAAF, saya sudah merepotkan terusss..

  8. BENY KADIR says:

    Selamat pake baju barunya,Mas.
    memang lebih ringan yg sekarang.
    terimakasih atas masukkan di blogku.

  9. Kang Dadang says:

    Selamat dengan utak-atik blognya terus ya Mas…?Btw awas tuh saat blog saya not found juga setelah ganti themes….?Sekarang terkadang sering berubah tampilan widgetnya,,setelah diselidiki ternyata kalo ada kesalahan html berakibat fatal,,apalagi dengan html

    • Aldy says:

      Yap, memang harus hati-hati bermain-main dengan HTML-nya kang, kalau ini kemarin hanya masalah white spacenya saja kang, bisa tampil dan loading dengan baik, tetapi ticak valid menurut CSS Validator.

  10. budiastawa says:

    Bajunya habis dipermak ya, mas. Tambah ‘ehem’ nih. Jadi valid semuanya dong sekarang. Ah, blog saya ga valid-valid, nanti mau berguru dulu ke para suhu, he he he.

  11. julianusginting says:

    ganti baju trus neh pak..hehee..

  12. akhirnyaaaaaaaaa………………. (lega juga deh)
    setelah dijahit, di obras, di som sana sini, kelar juga tuh baju barunya,
    jadi makin necis Mas Aldy. 🙂
    asik juga baca obrolan Mas Aldy dgn Mas Ganda,
    jadi agak2 ngerti juga masalahnya, walau pun tetap dgn kliyeng2nya 🙁
    Selamat mengarungi awang2 lagi ,Mas 😛
    salam

  13. agoenk70 says:

    wuahhh jadi nambah sedikit pengatahuan neh tentang css dan W3C
    semoga baj barunya bisa lebih nyaman di pakai dan sedap di pandang mata..
    sukses ya pak..

  14. mantaf nih ngebahas web standard.. ikutan yah agan-agan semua.. nyimak para master serap elmunya dan praktekin.. 🙂

  15. Bang Iwan says:

    Numpang kenalan dengan sahabat semua