Jujur itu, mahal!

Tidak pernah diketahui dengan pasti, sejak kapan korupsi di negeri ini diberi predikat yang “membanggakan” yaitu dianggap sebagai budaya. Istilah pahit yang seharusnya mampu membuat pelakunya malu hati. Tetapi apa lacur, pelaku korupsi semakin menjadi-jadi. Dari level yang paling rendah sampai kepada level ultra hight. Jadi, kloplah sudah korupsi layak dianggap sebagai budaya.

Coba tanyakan kepada para pelaku (mungkin diatara kita juga pernah melakukannya), apakah mereka merasa malu melakukan perbuatan tersebut? mungkin hanya malu dimulut, tetapi tidak malu dihati, dengan suara yang garang mereka akan meneriakan berantas korupi, tetapi mereka yang berteriak tersebut justru menjadi bagian terpenting dari mekanisme korupsi yang dilakukan.

Sering mendengar kalimat “yang haram saja susah, apalagi yang halal”.
Kalimat tersebut, secara jelas menggambarkan bahwa perbuatan yang tidak dibenarkan (haram), bukanlah perbuatan yang harus dihindari. Dalam kondisi tertentu, yang haram tetap boleh dimakan!.

Semuanya, berawal dari rasa malu yang semakin luntur, katakanlah pada suatu kondisi, seseorang sangat membutuhkan barang tersebut. Tetapi jika masih ada rasa malu terhadap dirinya sendiri, maka percayalah perbuatan tercela tersebut tidak pernah dilakukan. Sesulit apapun kondisinya.

Mari bertanya kepada diri sendiri (jangan melihat sekeliling), seberapa sering kita memanfaatkan “peluang” yang terbuka? jika diberi skala dari 1 (satu) sampai 10 (sepuluh) berapa pada angka berapa nilai kejujuran kita? Dan jika dijual, seberapa harga yang harus saya bayar? masih berhargakah arti/makna/nilai/inti/kandungan sebuah kejujuran?

Ini bukan renungan ramadhan, tulisan “sontoloyo” hanya sebuah renungan singkat untuk diri sendiri.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

70 Tanggapan

  1. IndahKasihku says:

    Salam Tuan Aldy.
    Apa khabar? maaf kalau Indah baru sempat berkunjung. Banyak tugas yang harus Indah selesaikan sebelum raya. Maafi Indah kalau ada bicara salah dan khilaf menulis di blog Tuan Aldy selama ini.

    Indah berkunjung untuk mengucapkan Selamat Hari Raya.
    maaf zahir dan bathin. minal aidin wal faizin

    Semoga berbahagia di hari lebaran bersama keluarga.
    Salam indahnya Syawal dari Indahkasihku.

  2. terasa sekali kengerian begitu membaca tulisan ”yang haram saja susah, apalagi yang halal”.
    apakah rezeki yg halal tdk pernah disyukuri?
    bukan sedikit atau banyaknya, namun halalnya lah yg membawa keberkahan.
    tulisan ini baik sekali utk kita renungkan, agar tdk menjadi orang yg kufur nikmat .
    salam

  3. Gede Lumbung says:

    Korupsi udah dimana-mana yaw mas, contohnya di kampus saya…
    Bukan hanya BEM saja yang korupsi, tapi dosen juga ikut-ikutan cari proyek “nakal”…
    Padahal mereka yang menjadi panutan untuk mahasiswa bahkan masyarakat di luar sana…

  4. dedekusn says:

    Berlaku jujur: jujur pada diri sendiri, jujur pada orang lain, pada sangpencipta.. harus selalu ditanamkan… walau kadang susah… apalagi kalau disekeliling kita penuh dgn orang2 yg tidak jujur…

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    Maaf Lahir Batin…

  5. Piss says:

    Berbicara & bertingkah laku jujur, berlaku adil… sesuatu yg mahal kita temukan…

  6. Denuzz BURUNG HANTU says:

    Selamat malam, Sahabat BURUNG HANTU …
    Semoga limpahan rahmat Tuhan selalu tercurah dalam kehidupan Sahabat semua …

    Sehubungan dengan Blog Competition Beswan Djarum yg sedang Denuzz ikuti, Denuzz mohon kesedian Sahabat meluangkan sedikit waktu untuk bisa memberikan komentar di 3 artikel ini:

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/eksperimen-mematikan-bersama-djarum-beasiswa-plus/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/uh-untuk-apa-jadi-beswan-djarum/

    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/08/beswan-di-tengah-belantara-fana/

    Komentar menjadi poin penilaian yang cukup besar dalam kompetisi …

    Selain itu Denuzz harap Sahabat berkenan untuk memberikan vote di
    http://www.beswandjarum.com/blogcompetition/
    Tinggal klik “SUKA” pada blog atas nama DENUS HERUWANDA …

    Denuzz ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesedian Sahabat narablog …

    Be a happy blogger! …
    Salam BURUNG HANTU …

  7. Sandy Prayoga says:

    Mahal banget

  8. Jalan jalan ke jamaica
    Liat Bob Marley Keselek Ganja
    Ga krasa bentar lagi abis Puasa
    Mohon maaf bila banyak dosa, baik disengaja atau tak sengaja
    Beli es di warung Bu ema
    Untuk di santap bersama – sama
    Smsnya udah di terima,
    teriring pula ucapan yang sama
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Anak kodok makan ketupat.
    Makan ketupat sambil melompat.
    Ngirim kartu udah gak sempat.
    Pake sms pun no what-what.
    Taqobbalallahu minnawaminkum.

  9. nurhayadi says:

    NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM.

  10. ipul says:

    meskipun mahal, tapi tidak sedikit orang yang membenci kejujuran. bingung juga saya sama sikap seperti itu

  11. Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
    Kemenangan akan kita gapai
    Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
    Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
    Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
    Kang Guru Blog’s sekeluarga menghaturkan
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Taqobalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

  12. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
    Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
    Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
    Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan
    “Ejawantah’s Blog”
    Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
    Taqobbalallahu minna wa minkum
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    Salam untuk keluarga.

  13. ceuceu says:

    saya ga habis pikir dengan orang2 yg senang ber-korupsi mas, sebesar apapun nilai yg mereka korupsi.. kok ya tangan dan hatinya bisa tega ya.. kok bisa merasa hidup tenang ya.. ck..ck..ck.. cape deh…

    Oya.. selamat lebaran ya mas, maaf lahir batin.. salam buat keluarga…

  14. tyan says:

    cuma mau ngucapin selamat idul fitri…..
    mohon maaf lahir batin…..

  15. Sugeng says:

    Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan