Kebenaran dan kamuflase

Penggunaan kata kamuflase dalam tulisan ini kurang tepat, tetapi karena kesulitan mencari padanan kata yang cocok, dengan terpaksa kata kamuflase digunakan. Maaf, saya juga tidak mengerti menggunakan “gaya bahasa”.

Saya sering bingung, mengapa begitu banyak mahluk yang berjenis kelamin laki-laki suka membohongi diri sendiri (anda yang berjenis kelamin bukan perempuan/wanita/betina diminta tidak sewot, karena yang menulis memiliki jenis kelamin yang sama dengan anda), khususnya jika berhadapan dengan mahluk yang menjadi pasangan jenis kelami laki-laki.

Sekadar contoh :
Ketika sedang duduk diwarung kopi, lewat seorang wanita cantik, berperawakan gemuk dan wangi. Apa yang ada dibenak kita?
Wanita itu cantik?
Wanita itu cantik dan sehat?
Wanita itu cantik dan montok?
Wanita itu cantik, sehat dan wangi?
Wanita itu cantik, sehat, montok dan wangi?, atau
Wanita itu gemuk?
Wanita itu, walaupun cantik dan wangi tetapi gemuk?

Sebagian besar kalimat diatas, mewartakan kebenaran tetapi diselimuti (dikamuflase) dengan kata-kata yang lembut. Ini kita lakukan dalam rangka tebar pesona atau kita seperti musang berbulu domba? dan kaum adam dengan enteng berucap, salahnya wanita juga, maunya cuma disanjung dan dipuji. Nah.

Apa pendapat?

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

91 Tanggapan

  1. TuSuda says:

    Mungkin semacam pesan terselubung, dikemas agar lebih menarik begitu ya Mas..

  2. TuSuda says:

    BTW, OOT, dari kemarin pagi saya coba buka blognya pakde Marsudiyanto, kenapa munculnya lain ya Mas, ada tulisan hacker dan animasinya. Kira2 kenapa begitu ya..
    apakah ada masalah dengan blog beliaunya ya Mas..

    • Aldy says:

      Saya belum melihatnya Bli, pagi ini saya coba akses tidak bisa.
      Dugaan saya blog tersebut diserang craker bli, ulah iseng orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  3. Acacicu says:

    Cocok tuh Om dikasih judul kebenaran dan kamuflase..
    Trus pendapatnya..; Mungkin karena laki laki pandai menyamar, termasuk menyamarkan kata; Apa karena naluriah? Itu yang saya nggak ngerti;

  4. walaupun utk jujur lelaki kadang gak tega, tapi tetap aja khan melirik, walaupun gemuk, wangi dan cantik……….. 😀 😀
    salam

  5. Nandini says:

    Salam Pak Aldy,
    pernah ketika itu saya sedang berenang dan sendirian, seorang pria melihat terus ke arah saya dan kemudian mengatakan dengan polosnya “Kamu kalo kurusan dikit pasti cantik sekali dan pas dengan selera saya” dan saya hanya menjawab dingin.. “saya tidak berniat menguruskan badan demi memuaskan selera laki2, maaf saja..”

    • Aldy says:

      “saya tidak berniat menguruskan badan demi memuaskan selera laki2, maaf saja..”

      Nandini, setuju. Seharusnya seperti inilah salah satu jawaban kepada lelaki yang hanya tertarik kepada bentuk fisik. Saya nggak kebayang bagaimana malunya dia. 😀

  6. achoey says:

    hehehe, yuk kita sanjung terus wanita
    daripada jutek ma kita 😀

  7. infoomatic says:

    wah pernyataanya kaya’ ujian soal tes cpns aja mas… hehe…

  8. Mega says:

    barusan mampir di blog yang berjudul “kesunyian dan kepalsuan”… lha disini “kebenaran dan kamuflase”.. ada apa gerangan?
    *maaf Pak… bingung mau komeng apa 😉

    • Aldy says:

      Ach…iya nih, mirip-mirip dengan artikel pendarbintang, tapi swear, nggak ada apa-apa.

      • Ck ck ck ck

        Lg ngomongin siapa hayo???

        Ya menurutku sih, Om, karena kaum Adam itu pada dasarnya emang pingin ngejaga perasaan kaum hawa yan lembut makanya dia ngomongnya sedikit tidak jujur, tapi perempuan yang cerdas bisa mengartikan tanpa rasa tersinggung..

        He he he
        Kira-kira begitu…

        • Aldy says:

          Hahaha….
          ketangkep basah. Nah itu dia, kalau ketemu perempuan yang cerdas, boongnya jadi ketahuan.

          • tapi kalau muji2 istri sendiri gak pernah salah om…karena bagaimanapun juga kan dia bidadari di hatinya Om…

            he he he

            sweet, sweet 😛

            • Aldy says:

              Kalau saya banyak muji istri, malah besok paginya nggak dapat sarapan, karena dia sudah tahu saya pasti ada maunya 😆

      • Mega says:

        Ah! saia ndak bermaksud lain.. cuma kayaknya blogger Indonesia hari itu (4 oct) pada melow banget. Gitu loh Pa’de
        *doh! jadi ndak enak nih

        • Aldy says:

          Hahaha….iya ya, saya juga baru nyadari, ternyata tanggal 4 oct banyak sekali yang postingan rada-rada melo…

  9. Darin says:

    Sepertinya wanita itu sehat-sehat saja.. 😀

  10. cahyo says:

    Klo cantik khan umum ya.. (ganteng khan buat cowok).
    jadi memang kata cantk perlu ditambahi kata lagi supaya lebih dari pada wanita umumnya, seperti wanita itu cantik SEKALI

  11. bayuputra says:

    heee … bisa aja Bapak …
    kalau misalkan Bapak duduk di warung kopi terus saya lewat kira-kira apa yah yang ada dipikiran Bapak …
    1. Pria itu tampan dan gagah ?
    2. pria itu Putih dan Tinggi ?
    3. pria itu Hitam dan Gemuk ?

    haaaa… ayo pak …

  12. asop says:

    Aduh, maap saya ketawa dulu…. 😆

    Entah kenapa saya ketawa ya… 😀 😀

    Ini tanda bahwa manusia suka memuji dan dipuji. 😀
    *terlepas dari tulus atau tidaknya pujian itu*

    • Aldy says:

      Dan kebetulan yang paling senang dipuji kaum hawa, sementara yang suka memuji kaum adam. Bentuk simbiosis mutualisma?

  13. budiarnaya says:

    pada dasarnya semuanya suka dipuji ya Bang..asal jangan ada D diantara K ( ada dusta diantara kita ) heeeee…wanita ???? sepi kalau tanpa dia, karena yg ngelahirin juga wanita heee…kabur ah…abang marah

    • Aldy says:

      Kalau pujiannya diberikan dengan ihklas, its OK. Tapi kalau ada udang dibalik bakwan? wew, jadi nek.
      Sepi tanpa wanita, apa wanita juga sepi tanpa pria?

  14. julie says:

    betol mas
    aku pun tak suka basabasi macam itu
    kalo gak cantik ya biasa aja laaah tak usah memujamuji ya kan ya kan?

  15. FaDhLi says:

    Kalau menurut saya jwbannya “Wanita itu cantik?”

    Sebab lebih efisien pnggunaannya. 😀