Maaf, jika saya membuat anda tidak nyaman

Rekan-rekan blogger, maaf, untuk sementara kegiatan blogwalking (not blog-running) tidak bisa dilakukan dengan baik, karena terhalang tenggat waktu pekerjaan offline. Insya Allah, ritual ini akan dilaksanakan secepatnya dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

mohon maaf

Beberapa hari yang lalu, blog ini melakukan perombakan yang cukup radikal dan hasilnya seperti yang sedang rekan-rekan lihat saat ini. Perombakan tersebut termasuk membuang pengaya-pengaya yang dianggap tidak berguna dan bermasalah.

Salah satu pengaya yang dianggap bermasalah tersebut adalah bad behavior. Fungsi utama dari pengaya tersebut untuk menangkal serangan spam, yaitu dengan memblokir alamat-alamat tertentu yang dianggap menjadi biang spam, tetapi pada kenyataannya justru menyebabkan beberapa rekan narablog mengalami kesulitan masuk ke blog ini.

Dengan dibuangnya pengaya tersebut, diharapkan blog dapat diakses dengan baik dan sampai dengan hari ini tidak ada lagi rekan narablog yang komplain.

Tetapi, ternyata permasalahan belum selesai, karena blog ini menggunakan pengaya comment auto responder via email, banyak email-email otomatis dari blog ini yang terkurung/terperangkap oleh bad behavior, sehingga dengan dilepasnya bad behavior sekaligus melepas email-email dari perangkap bad behavior.

Akibatnya,
Pada tanggal 03 November 2010, jam 03:02, Bli Dani, menyampaikan bahwa beliau rutin menerima balasan komentar via wordpress Comment Auto Responder untuk komentar-komentar lama. Pada saat itu, bad behavior belum dilepas, adakah ini berhubungan dengan pengaya lain? masih bingung menjawabnya. Berikut ini, kutipan utuh komentar bli Dani.

Pak Aldy,
Logikanya, bukan agama, pohon besar & rindang itu sejuk. Jadi wajar jika ada ‘makhluk’ lain yang juga menyukainya. 🙂

[OOT] Kenapa belakangan ini saya baru rutin menerima balasan komentar blog ini via WordPress Comment Auto Responder untuk komentar-komentar lama?

Dan pada tanggal yang sama, Mas Hakim, komplain bahwa banyak mendapat email notifikasi dari blog ini. Ini komentar mas Hakim, tentang email tersebut.

Selain itu masih ada Mas Jeprie, komandan Desain Digital, Mas Iskandar Admin Kafegue dan Admin Dikma.web.id, mungkin ada narablog yang lain menerima email yang sama tetapi tidak disampaikan. Saya mohon maaf, selain keterlambatan yang tidak bisa ditoleransi juga sangat mengganggu dengan adanya email usang tersebut.

Sekali lagi, dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf telah membuat anda tidak nyaman.

Image source : ngobrol.vikaoctavia.com, Vica, thanks gambarnya.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

69 Tanggapan

  1. ArdianZzZ says:

    Wkwkw, doramail udah bangkrut Pak Aldy… 😛

  2. Rudy Azhar says:

    Saya pikir Pak Aldy baru memasang pengaya tersebut yang berefek demikian.

  3. eserzone says:

    kalo saya belum menggunakan penangkal yang lain selain AKISMET bro… Btw bagus juga gambarnya bro…

  4. ok says:

    Skarang gantinya ‘anti spam’ nya apa kang?dimaafkan kok dimaafkan… 🙂

  5. buat pelajaran pak aldy..
    kalo tidak gini kan tidak tahu 🙂

  6. Mr, Kem says:

    sepertinya sy jg terima email2 gitu om…tp saya cuekin aja..hehe

  1. 10/11/2010

    […] ini terasa lebih ringan, beban pekerjaan tambahan, sudah berhasil dirampung tadi malam. Deadline pada tanggal 10 November 2010 dapat diselesaikan […]