Maaf, jika saya membuat anda tidak nyaman

Rekan-rekan blogger, maaf, untuk sementara kegiatan blogwalking (not blog-running) tidak bisa dilakukan dengan baik, karena terhalang tenggat waktu pekerjaan offline. Insya Allah, ritual ini akan dilaksanakan secepatnya dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

mohon maaf

Beberapa hari yang lalu, blog ini melakukan perombakan yang cukup radikal dan hasilnya seperti yang sedang rekan-rekan lihat saat ini. Perombakan tersebut termasuk membuang pengaya-pengaya yang dianggap tidak berguna dan bermasalah.

Salah satu pengaya yang dianggap bermasalah tersebut adalah bad behavior. Fungsi utama dari pengaya tersebut untuk menangkal serangan spam, yaitu dengan memblokir alamat-alamat tertentu yang dianggap menjadi biang spam, tetapi pada kenyataannya justru menyebabkan beberapa rekan narablog mengalami kesulitan masuk ke blog ini.

Dengan dibuangnya pengaya tersebut, diharapkan blog dapat diakses dengan baik dan sampai dengan hari ini tidak ada lagi rekan narablog yang komplain.

Tetapi, ternyata permasalahan belum selesai, karena blog ini menggunakan pengaya comment auto responder via email, banyak email-email otomatis dari blog ini yang terkurung/terperangkap oleh bad behavior, sehingga dengan dilepasnya bad behavior sekaligus melepas email-email dari perangkap bad behavior.

Akibatnya,
Pada tanggal 03 November 2010, jam 03:02, Bli Dani, menyampaikan bahwa beliau rutin menerima balasan komentar via wordpress Comment Auto Responder untuk komentar-komentar lama. Pada saat itu, bad behavior belum dilepas, adakah ini berhubungan dengan pengaya lain? masih bingung menjawabnya. Berikut ini, kutipan utuh komentar bli Dani.

Pak Aldy,
Logikanya, bukan agama, pohon besar & rindang itu sejuk. Jadi wajar jika ada ‘makhluk’ lain yang juga menyukainya. 🙂

[OOT] Kenapa belakangan ini saya baru rutin menerima balasan komentar blog ini via WordPress Comment Auto Responder untuk komentar-komentar lama?

Dan pada tanggal yang sama, Mas Hakim, komplain bahwa banyak mendapat email notifikasi dari blog ini. Ini komentar mas Hakim, tentang email tersebut.

Selain itu masih ada Mas Jeprie, komandan Desain Digital, Mas Iskandar Admin Kafegue dan Admin Dikma.web.id, mungkin ada narablog yang lain menerima email yang sama tetapi tidak disampaikan. Saya mohon maaf, selain keterlambatan yang tidak bisa ditoleransi juga sangat mengganggu dengan adanya email usang tersebut.

Sekali lagi, dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf telah membuat anda tidak nyaman.

Image source : ngobrol.vikaoctavia.com, Vica, thanks gambarnya.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

69 Tanggapan

  1. achoey says:

    semoga harimu selalu indah Pak 🙂

  2. jumialely says:

    tidak ada yang perlu dimaafkan…. hanya perlu diberi semangat lagi deh..

    tapi saya jarang hadir juga kembali ke rumah ini

    saya mampir ya pak aldy

    salam hangat

  3. kalo saya sih baru pertama kali singgah
    jadi gak ada masalah

  4. Fadhly says:

    memang sebagian besar orang menganggap plugin wp auto respond itu sebagai spam. sebab setiap kali berkomentar, pasti nanti akan ada email yg masuk. banyaknya balasan email yg masuk ke inbox email kita, sangat tergantung kepada jumlah komentar yg kita berikan pada setiap artikel. Sehingga bnyak yg menganggap itu adalah spam..heheh 😀

  5. yusuf says:

    semoga tidak terjadi masalah lagi dikemudian hari, tampilannya sekarang minimalis Pak

  6. yusuf says:

    kok nggak tampil koment saya ya?

  7. yusuf says:

    Semoga tidak terjadi masalah lagi dikemudian hari, tampilannya sekarang minimalis ya Pak

  8. Masbro says:

    tapi tampilan blognya sekarang tambah keren Om. Semoga udah nggak ada gangguan2 lagi yg bersifat teknis;

  9. hudaesce says:

    Semoga menjadi makin Baik tuk kedepannya Pak….,

  10. ayitea says:

    Selamat Siang menjelang sore
    kunjungan perdana nih …

    Salam Kenal ya…

  11. kangmas ian says:

    selamat mas atas perombakannya semoga tambah sukses blognya ^^

  12. Reza Saputra says:

    blog saya pun begitu pak, sebagian komentar terhapus karena blog saya restore, sekarang menunggu si google mengindex blog saya, dari ribuan pengunjung sekarang hanya tinggal 50 an pengunjung hiks hiks hiks

  13. Nurdiana Atmanagara says:

    Oh, ternyata begitu ya… Pantas ada autoresponder dari komentar lama saya di blog ini hehehe…. Gak pa2 kok mas… 🙂

    Tapi, pembelajaran juga nih buat saya, untuk memilah plugin yang diperlukan dan mana yang tidak… Jangan sampai pengunjung malah jadi gak nyaman hehehe…

  14. Belakangan, saya memang sering mendapat email notifikasi tentang komentar saya dan tanggapannya di blog ini. Tapi, saya ndak tau kalau itu adalah masalah. Hehe!

  15. Zippy says:

    Weeeh..ia mas, sama nih.
    Saya juga gitu.
    Makanya kadang suka bingung sendiri, kok komentar lama tapi baru dibalas sekarang 😀