Menyembah Berhala

menyembah-berhalaDalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaring menyebutkan bahwa berΒ·haΒ·la n patung dewa atau sesuatu yg didewakan yg disembah dan dipuja, kemudian di id.wikipedia.org mendefinisikan kembali arti berhala ( berdasarkan KBBI daring ) bahwa Kata berhala dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebagai kata benda memiliki arti patung dewa, kemudian penggunaan kata berhala kemudian meluas menjadi makhluk/benda (matahari, bulan, malaikat, hewan) apa saja yang disembah selain perintah Allah adalah termasuk dalam kategori berhala.

OK, kita tidak bicara berhala lebih jauh hanya sebatas sebagai blogger, karena ada juga blogger yang menyembah trafik.
Sekarang masalahnya, karena sebagian besar blogger adalah blogger paruh waktu dan belum sampai pada taraf mendapatkan recehan dari ngeblog tetapi tingkat ngeblognya sudah sedemikian tinggi, sementara pekerjaan offline juga tidak kalah banyaknya. Sehingga kecenderungan mengabaikan pekerjaan offline dan keluarga ( khusus yang sudah berkeluarga ), menjadi semakin tinggi. Bukan tidak mungkin pada akhirnya blog dijadikan semacam “Aliran Lain” yang bersifat wajib.

Nah, ketika semua itu sudah menjadi rutinitas yang tidak terkontrol, apakah para blogger yang kebetulan over limit ini bisa dikategori menyembah berhala ?

Ops, sebelum dilanjutkan mohon jangan salah diartikan dulu, artikel tidak ingin memvonis ataupun semacamnya, hanya sebuah wacana kosong, karena narablog sendiri sering over limit jika sudah berhadapan dengan blog.
Masih syukur kewajiban pokok sampai dengan saat ini bisa dijalankan dengan “cukup baik”.

Ada pendapat ?

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

72 Tanggapan

  1. Masdin says:

    Saya sependapat jika ada blogger yang bisa dikategorikan “menyembah trafik”. Ini tentu akan berimbas pada terbengkalainya hal-hal yang lebih penting seperti yang sudah disebutkan di atas. Akan tetapi, menurut saya, jika blogger ini memiliki visi yang jelas ke depan, dalam artian dia akan menjadikan blog sebagai sesuatu yang dapat membantu dalam kehidupannya, khususnya dari segi ekonomi, maka sikap seperti ini tidak bisa dikategorikan “menyembah berhala”, sebab tak ubahnya seperti seseorang yang bekerja keras untuk investasi yang hasilnya belum bisa dinikmati saat ini tetapi di masa yang akan datang.

    Peace! πŸ˜€

    • Aldy says:

      Ini hanya terbatas untuk blogger yang belum sampai pada taraf memonitasi blognya; jika yang bersangkutan full blogger memang lain ceritanya. Itu sama dengan kita yang bekerjaa fulltime. Menurut saya sih agak aneh saja, ngeblog tidak mendapat apa-apa (dalam pengertian materi ), tetapi sanggup me-nomor duakan pekerjaan utama dan kewajiban dirumah.

      • Masdin says:

        Yang begitu yang berbahaya masa… tetapi dengan alasan kesenangan/hobi, mungkin lain lagi ceritanya :D, tetapi sepertinya jarang yah orang menomorduakan pekerjaan utama dan kewajiban di rumah hanya karena kesenangan/hobi.

        • Aldy says:

          Harapannya memang jangan sampai terjadi pada banyak kasus Mas, berkaca pada si Facebook kemungkinan ini tidak tertutup, lagi pula setiap pribadi selalu berfiat unik.
          Ini untuk peringatan bagi kita yang belum terlanjur menjadi seperti itu.

  2. Cahya says:

    Backup semua data, tutup blog, tahun depan buka lagi πŸ˜€

  3. Saya rasa tidak usah terlalu menyembah trafik, apalagi blognya seperti punya saya. Sama sekali ndak berbobot. Walaupun trafik tetap saya monitor, tapi saya tidak membuat trafik sebagai patokan.
    Kecuali ngeblog adalah pekerjaan pokoknya, maka ketika dia mengejar trafik agar incomenya bertambah, bolehlah dia ngebut dan mengharap trafiknya baik.

    • Aldy says:

      Iya mas, yang dimaksudkan memang ngeblog sebagai hobby tetapi sudah melebihi dari rekan-rekan yang fulltime blogger.

  4. bayuputra says:

    wah Bapak bisa aja … heee .. mudah-mudahan tidak seperti itu yah pak .. Bayu yakin kegiatan Ngblog semuanya bersifat positif .. tetapi setelah dipikir2 bisa juga alias tidak menutup kemungkinan juga .. hiii … jadi takut ..
    —————————————-
    Kalau Boleh Ngsih Tau Kegiatan Bayu Sehari-hari …
    Pagi Ngajar dari jam 07.00 – 13.00 Wib .. Sehabis Itu Pulang Buka Toko (tempat Kurus Komputer / Kecil-kecilan ) sampe jam 21.00 Wib …
    Nah … Diselal-sela itu ngeblog sehari kalau jam lagi kosong bisa sampe 6 Jam .. haaa .. jangan – janagn nanti bayu Jadi Salah Satu Yang Bapak Sebut Diatas .. Haaaa.. Jadi Takut Nih …

    • Aldy says:

      Walah Mas kalau yang ini sih jauh dari kategori, nyatanya mas bayu ngeblog hanya untuk mengisi waktu luang dan sekalian mengajar kursus komputer; justru jadi pertanyaan kalau mas Bayu nggak punya blog πŸ˜€

  5. nakjaDimande says:

    biasanya akan terjadi seleksi alam, mas.
    yang ngeblog ngejar trafik biasanya cape sendiri

    yang ngeblog terus melalaikan urusan offline dan keluarganya
    dah pasti lebih cepat lagi koitnya.

    pokoknya yang melawan sunatullah
    gak akan bertahan, karena cape sendiri.

    ada kalanya aku merasa cape juga, klo dah begitu aku berusaha instrospeksi
    pasti niyh ada yang salah dengan niat dan tujuanku ngeblog.
    gitu pendapatku, mas πŸ˜€

    • Aldy says:

      Saya jagi ingat Kang Yayat, “ngebloglha dengan riang” agar tidak ada beban.
      Seleksi alam memang terkenal ketat Bundo; tetapi sepanjang tidak melawan sunatullah, saya yakin akan berjalan dengan baik.

  6. zee says:

    Buat saya sih blog tidak wajib, tapi harus. Jadi tetap sebisa mungkin dibuat postingannya agar blog selalu hidup. πŸ™‚

    • Aldy says:

      Tidak Wajib tapi Harus dengan alasan blognya perlu hidup; ach iya…blog hidup karena diberi makan artikel ya Mbak.
      Kalau seperti ini sih belum masuk kategori kok Mbak Zee.
      Seandainya mbak Zee mengelola Devuskha.com full time juga tidak masuk dalam kategori ini, karena Devuskha.com memang toko online πŸ˜€

  7. ruang hati says:

    Bangun tidur belum subuhan malah nge blog dulu, mau tidur juga ngeblog hiks

    • Aldy says:

      Yang penting habis itu sholat subuh dan malamnya sebelum tidur dan ngeblog sudah menjalankan Isya; nggak salah kok; sambil menunggu sholat subuh ngeblog dulu.

  8. kakve-santi says:

    saya sendiri masih bingung tujuan utama ngeblog apa ya selain trafic dan ketenaran ?

    • Aldy says:

      Kave-santi; bukankah anda sudah mendapatkan keduanya ?
      Tetapi dari sudut pandang saya ketenaran dan trafic hanyalah efec samping dari sebuah konten yang baik, SEO yang mumpuni dan promo yang layak.
      Saya percaya Santi sudah menentukan pilihan; dengan bermodalkan secangkir teh dan sepotong roti; tujuannya ingin rileks sejenak dengan ngeblog; stress tersalurkan…

  9. Ari says:

    saya sendiri tidak mencari uang dari blog saya, tapi ngeblog itu seperti hobi… suatu kesenangan…. bukankah suatu hal yang wajar, orang mengeluarkan uang, menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang disenanginya? kalau ngeblog lupa makan ya sudah tidak menyenangkan, ngeblog lupa keluarga ya sudah tidak menyenangkan lagi. Pokoke saya ngeblog sak senenge…

    • Aldy says:

      Hobby untuk menjalankannya memang harus mengeluarkan uang, tetapi jika kemudian hobby berubah menjadi kegiatan yang mendatangkan uang juga tidak salah πŸ˜‰
      Akur Mbak Yanti, sing penting yo seneng…

  10. ceuceu says:

    klo saya jelas, ngeblog mmng pekerjaan… ada 26 blog saya punya.. meskipun ada admin yg bantu saya ngurus hal2 lain selain update, bw dan ngerjain ‘job’, waktu cukup tersita untuk itu.. ini jelas bukan kategori ‘nyembah’ kan.. heheh..

    yang kemudian jadi salah mungkin jika aktifitas ngeblog (sbg hobi) itu hingga melalaikan tugas utama ya mas.. : kerjaan di kantor, kerjaan rmh tangga, tugas kuliah dll…

    • Aldy says:

      Teteh Ceuceu Sofi,
      Kalau yang ini nggak masuk kategori…,s ama dengan yang kerja fulltime di offline, masalahnya nggak perlu dijelaskan deh, sudah teteh uraiankan juga kok.

  11. TuSuda says:

    Sebaiknya semua bisa bersampingan, beriringan, berjalan secara berimbang…

  12. ardianzzz says:

    Haha, jadi teringat artikel Pak Aldy tentang rokok. Begitu mencandu hingga Taufik Ismail menyebutnya Tuhan Sembilan Senti. Saya pikir tidak jauh berbeda antara blog dengan rokok begitu mencandu. Tetapi saya rasa tidak perlu disebut Tuhan 1024pixel, atau Tuhan 1.5em?
    Ah yak, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik πŸ™‚

    • Aldy says:

      Tuhan Sembilan Senti…
      Tapi para narablog juga tidak berharap ada Tuahn 1024pxl atau 1.5em Mas, sudah over limit dan sudah tidak pada tempatnya ( exclude, fulltime blogger ).

  13. ganda says:

    Kalau paruh waktu yah disesuaikan aja. Tak perlu mengejar trafik. Lagipula pendapatannya mungkin tak lebih besar dari pendapatan daripada bekerja secara offline. Lagi pula, trafik tinggi, belum tentu penghasilan dari blog juga tinggi. πŸ™‚ Mungkin ada esensi, tips, trik, usaha lain untuk meningkatkan penghasilan dari blog. Jualan produk (bukan ebook sampah) misalnya?

    • Aldy says:

      Ngeblog emang hanya sebatas hobby dan pengisi waktu luang memang tidak perlu ngotot sampai melupakan hal-hal yang pokok, tetapi kadang ada yang larut, karena saking asyiknya.
      Mungkin butuh orang kedua,ketiga untuk mengingatkan.

      • ganda says:

        Bagiku, ngeblog, udah kurang asyik. Udah kurang addicted dengan blog. πŸ˜€

        • aldy says:

          Sekarang lagi nyandu apa bro ? Java, JQuery, C++, ASP, Net Framework ?
          Jangan kebanyakan, calon pendamping juga butuh perhatian πŸ˜€

          • ganda says:

            Java3D, Java Sound Api, Colour Spectrum, C++ Framework dan GIS tentunya. πŸ˜€
            Iya bro. Calon pendamping lagi ngambek. Gak rela diduain. πŸ˜€ Hahahahahaha… Jquery?? Ah.. Gak tertarik. πŸ˜€

            • Aldy says:

              Nah…nah…nah…
              ntar malam minggu harus dibawakan kembang tuh; bukan kembang setaman atau kembang tujuh warna, tapi kembang Java, CS, C++ Framework πŸ˜€

            • ganda says:

              Bro, ebook GISnya mana?

              • Aldy says:

                Dipostingan sebelum saya sudah nanya atuh bro, mau dikirim kemana ? atau mau donlod aja sendiri ?

                • ganda says:

                  Hehehe.. Saya lupa di postingan mana bro. Kirim ke email saja bro. Atau kalau bro sudah punya link yang bisa saya download, kirim link nya aja ke email saya. πŸ™‚

                  • Aldy says:

                    Kalau yang saya miliki belum dapat bro linknya, karena ebook itu saya dapatkan waktu pelatihan. Ntar saya upload ke Indohijau.net saja; kalau sudah ntar saya kasih linknya.
                    Tapi hari ini belum bisa, mungkin malam; sebentar lagi mau ke lapangan.

  14. narno says:

    bagi saya sekalian nitip file di blog, memotivasi diri untuk tetap nulis dan tak jarang saya memang butuh bahan-bahan untuk pekerjaan offline baik bahan untuk tulisan maupun di depan kelas

  15. kalau sampai menelantarkan pekerjaan dan rumah tangga, sih kayaknya keterlaluan ya Mas.
    masa’ sih ada yg sampai begitu?
    sudah salah kaprah banget, krn ngeblog itu khan setengah serius, kecuali bagi yg memang memonetasi blognya.
    salam

    • Aldy says:

      Mudah-mudahan tidak bunda, ini hanya sebuah wacana saja.
      Karena ada kalanya jika sudah keranjingan jadi lupa tugas dan kewajiban. Artikel ini terinspirasi artikel “menyembah trafik” daniiswara.com dan kasus-kasus yang terjadi di Facebook.