Ngeblog = Sekolah Gratis.

Beberapa waktu yang lalu ada lagi teman yang bertanya mengenai blog.  Cuma bedanya teman yang satu ini tidak seperti teman sebelumnya, teman yang bertanya kali ini justru bertanya tentang manfaat blog.

Saya sempat terdiam beberapa saat, bukannya enggan menjawab tetapi saya memperhatikan raut wajahnya dengan seksama, tuluskah dia bertanya ? atau hanya sekedar ingin uji ilmu ? saya tahu teman yang satu ini memiliki pengalaman didunia maya jauh lebih mumpuni dari saya dan saya percaya pertanyaan yang diajukan bukan pertanyaan olok-olokan.

Karena keyakinan itu akhirnya saya mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dan pastinya dari sudut pandang saya sendiri, karena pertanyaannya manfaat blog untuk diri sendiri.

Ngeblog artinya tidak akan terlepas dari internet; bagaimana mana mungkin ngelog tanpa internet ( kecuali ngeblog lokalan/intranet ), diranah maya ini banyak barang bagus, banyak juga barang jelek dan semuanya bisa didapat dengan gratis.

Bagi saya ngeblog tidak ubahnya dengan sekolah gratis ( kecuali biaya koneksi ), saya bisa mendapatkan ilmu apa saja yang saya inginkan.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat kebingungan dengan Sistem Operasi Open Source Linux, kemudian saya posting permasalahan ini dan bisa dibayangkan para masternya linux Mas Dani Iswara dan Gadgetboi urun rembuk memberikan masukan. Perlu biaya ? Free. Tidak ada satu sen pun dana yang saya keluarkan. Semuanya dipaparkan secara gamblang, runut, jelas bahkan disertai dengan referansi Distro Linux mana yang baik saya gunakan.

Salah satu blog saya Indo Hijau dot net, datanya sempat hilang tak berbekas, tetapi berkat pertamanan sesama blogger, salah satu blogger muda Deka Handayani turun tangan membantu membetulkan mengembalikan data dengan sempurna.

Kepada teman saya tersebut Kang Yayat saya paparkan semua yang saya dapatkan dari ngeblog. Mungkin jika saya runut satu-satu dari semua yang saya dapatkan dari ngeblog, bisa jadi space blog ini menjadi defisit.

Ini hanya sebagian kecil dari manfaat yang didapatkan dari ngeblog, tetapi pada akhirnya terpulang kepribadi masing-masing dalam menggunakan sebuah blog. Dan berawal dari situlah fungsi dan manfaatnya akan kita rasanya.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

47 Tanggapan

  1. yayat38 says:

    Mas Aldy selamat menjadi salah satu pemenangnya.
    Mohon mengirimkan email ke saya untuk menyampaikan hadiahnya.
    Terima kasih atas partisipasi, support dan perhatiannya.
    Salam hangat selalu 🙂

    • Aldy says:

      Terima kasih Kang yayat, mimpi memiliki domain dot com melalui hadiah akhirnya kesampaikan juga. Btw, lebih dari segalanya saya mengucapkan terima kasih. Bukan karena saya menang, tetapi tali persahabatan diantara blogger ternyata membawa hikmah yang semakin besar.
      Alhamdullilah ya Allah.

  2. Gara-gara ngeblog saya jadi bisa kenal sama Mas Aldy dan teman-teman blogger lainnya. Dan …. Selamat ya mas Aldy, katanya menjadi salah satu pemenang. Congrat. 😀

  1. 17/01/2010

    […] undian blog seperti ini juga manfaat dari ngeblog ? Jadi seperti yang sudah dituturkan sebelumnya, manfaat blog sangat banyak. Tergantung kepada niat awal membuat sebuah […]

  2. 19/01/2010

    […] Ngeblog = Sekolah Gratis (personfield.web.id) […]

  3. 19/01/2010

    […] Ngeblog = Sekolah Gratis (personfield.web.id) […]

  4. 16/02/2012

    […] Diperbincangan ini, saya mengeluh bahwa guru-guru yang ada saat ini tidak seperti kami waktu sekolah dulu, guru sekarang cenderung cuek, mengajar tapi tidak mendidik, serta hubungan antara guru dan […]