Ngeblog = Sekolah Gratis.

Beberapa waktu yang lalu ada lagi teman yang bertanya mengenai blog.  Cuma bedanya teman yang satu ini tidak seperti teman sebelumnya, teman yang bertanya kali ini justru bertanya tentang manfaat blog.

Saya sempat terdiam beberapa saat, bukannya enggan menjawab tetapi saya memperhatikan raut wajahnya dengan seksama, tuluskah dia bertanya ? atau hanya sekedar ingin uji ilmu ? saya tahu teman yang satu ini memiliki pengalaman didunia maya jauh lebih mumpuni dari saya dan saya percaya pertanyaan yang diajukan bukan pertanyaan olok-olokan.

Karena keyakinan itu akhirnya saya mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dan pastinya dari sudut pandang saya sendiri, karena pertanyaannya manfaat blog untuk diri sendiri.

Ngeblog artinya tidak akan terlepas dari internet; bagaimana mana mungkin ngelog tanpa internet ( kecuali ngeblog lokalan/intranet ), diranah maya ini banyak barang bagus, banyak juga barang jelek dan semuanya bisa didapat dengan gratis.

Bagi saya ngeblog tidak ubahnya dengan sekolah gratis ( kecuali biaya koneksi ), saya bisa mendapatkan ilmu apa saja yang saya inginkan.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat kebingungan dengan Sistem Operasi Open Source Linux, kemudian saya posting permasalahan ini dan bisa dibayangkan para masternya linux Mas Dani Iswara dan Gadgetboi urun rembuk memberikan masukan. Perlu biaya ? Free. Tidak ada satu sen pun dana yang saya keluarkan. Semuanya dipaparkan secara gamblang, runut, jelas bahkan disertai dengan referansi Distro Linux mana yang baik saya gunakan.

Salah satu blog saya Indo Hijau dot net, datanya sempat hilang tak berbekas, tetapi berkat pertamanan sesama blogger, salah satu blogger muda Deka Handayani turun tangan membantu membetulkan mengembalikan data dengan sempurna.

Kepada teman saya tersebut Kang Yayat saya paparkan semua yang saya dapatkan dari ngeblog. Mungkin jika saya runut satu-satu dari semua yang saya dapatkan dari ngeblog, bisa jadi space blog ini menjadi defisit.

Ini hanya sebagian kecil dari manfaat yang didapatkan dari ngeblog, tetapi pada akhirnya terpulang kepribadi masing-masing dalam menggunakan sebuah blog. Dan berawal dari situlah fungsi dan manfaatnya akan kita rasanya.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

47 Tanggapan

  1. nakjaDimande says:

    ehm, jadi yang nguji pake nanya-nanya manfaat blog itu adalah kang yayat tho, hihi..

    bundo juga ditanyain, tapi belom nulis juga sampe sekarang. tapi Insya Allah bakal ikutan juga. harus!

    bagus tulisannya mas Aldy, memang banyak ilmu gratis kita dapat disini.

    • Aldy says:

      Bunda tuh dari dulu muji melulu, ntar lain kali jangan dikirimi lagi…., pujiannya makin panjang dan saya takut kepala saya meletus. 😆

  2. arkasala says:

    Banyak hal yang tidak saya ketahui justru diperoleh dari mas Aldy. Seperti diketahui saya sangat ketagihan karena banyak manfaatnya. Sampai teman saya yang bertanya malah apa manfaat blog ini. Sebetulnya ini inspirasi dari kawan saya di offline.
    Sebuah kehormatan Mas Aldy berpartisipasi. Terima kasih sekali atas dukungannya. Tercatat sebagai peserta ke 45. Seluruh peserta ada di http://arkasala.com/peserta-kemeriahan-di-leysbook.html.
    Terima kasih sekali lagi, semoga beruntung Mas.
    Salam hangat selalu 🙂

    • Aldy says:

      Ahh…kang Yayat terbalik neh, saya memang dari awal sudah berniat meramaikan kang, syukur-syukur kalau dapet ( *ngarep mode on*), tetapi yang penting tali persahabatan tetap berjalan dengan baik, itu sudah lebih dari cukup buat saya.

  3. iskandaria says:

    Setuju mas. Aktivitas ngeblog yang saya tekuni setahun ini ternyata banyak memberikan saya ilmu-ilmu baru. Semuanya tidak saya peroleh di sekolah atau di bangku kuliah. Yang jelas, ngeblog juga membantu perkembangan kemampuan menulis saya, tahap demi tahap. Kepekaandan daya kritis juga dilatih oleh ngeblog.

    Pokoknya nggak ada ruginya deh ngeblog, kecuali kalo sampe mengorbankan aktivitas lain yang lebih mendesak 🙂

    • Aldy says:

      Benar mas Is, ngeblog memang tidak ada ruginya, yang ada justru sebaliknya. Kalau sudah bisa mendapatkan $$ dari blog malah lebih bagus lagi.
      Ngeblog memang saya gunakan untuk melatih ketelitian saya dalam menulis, mungkin mas Is sering melihat artikel saya yang hurufnya kurang atau kata-kata yang kurang baik.
      Dengan ngeblog pelan-pelan saya berharap bisa mengubahnya.

  4. Deka says:

    mmmm Manfaat Ngeblog…??? Ya kira-kira seperti yang Om Aldy jelaskan deh, hihihiii

  5. sobatsehat says:

    saya dukung mas aldy

    • Aldy says:

      Saya hanya mencoba saja mas, siapa tahu beruntung. Walaupu bukan itu tujuan akhirnya.

      • Deka says:

        Saya secara official ngedukung juga ahhhhhh, kali aja kebagian. hahahahah

        • Aldy says:

          Tengkiu….tengkiu….kalau dapat kita bagi. Hadiah utamanya domain .com, sobat sehat dapat “titik”, deka dapat “c”, saya dapaet “o” dan “m” untuk yang bening-bening.

  6. wah…tambah rame aja pesertanya ne…
    semoga sukses ya mas…
    salam kenal…

  7. ceuceusovi says:

    ngeblog jelas banyak manfaatnya… saya mkin tidak menjadi peserta di acaranya kang yayat itu, saya tulis disini saja bahwa ngeblog banyak manfaatnya.. blog menambah ilmu dan menambah teman .. kadang jadi hiburan juga karena banyak kisah lucu diantara tulisan yang dipost teman2 🙂

    saya pisahkan blog yang saya khususkan untuk sekedar curhat dan nambah sahabat dengan blog yang memang saya peruntukkan untuk bisnis..

    • Aldy says:

      Benar teh ceceu, banyak sekali yang bisa kita dapatkan, cuma mengenai baik dan buruknya terpulang kemasing-masing pribadi.
      Memang harus dipisahkan antara blog yang hanya sekedar say hello dengan blog untuk bisnis. Btw, saya harus banyak belajar dengan Ceceusovi, bukan cara mengisi blog yang banyak, tetapi manajemen waktunya.

      • Deka says:

        Kalo ngisi blog mah si oom dah jagoooooo… [salut]

      • ceuceusovi says:

        mungkin karena ngeblog saya jadikan pekerjaan utama mas sehingga saya mmng punya waktu banyak untuk itu. Pekerjaan saya yang lain sifatnya proyek/temporary. Saat ada pekerjaan proyek itu seperti sekarang, kegiatan ngeblog memang agak terbengkalai. Lewat jam 9 malam, baru saya bisa ‘urus’ blog saya… heheh

        • Aldy says:

          Wah menyenangkan sekali teh ceuceu, punya banyak waktu luang, ngeblog sekalian ngrusin proyek. Saya sendiri sampai dengan saat ini masih dalam taraf berbagi dengan rekan-rekan blogger. Karena saya bekerja pisah dengan keluarga, waktu luang saya untuk mengisi blog juga cukup banyak. Sekalian, ngisi blog, chat dengan anak-anak.

  8. Hanif Ilham M says:

    mm, apa yah? sekedar mencetak sebuah jejak tulisan sejarah setiap individu mungkin, agar dapat dibaca dan diceritakan kepada yang lain.

  9. ganda says:

    Hmm.. Terkadang, saya menemui jawaban atas masalah saya tanpa ngeblog. Melainkan post di forum, trial and error, dan search via Google(no yahoo, ask, bing). Thats what I do? Blog saya gunakan sebagai tempat untuk mencurahkan isi pikiran dan berdiskusi/debat dengan para komentator. Itu yang paling saya senangi. Membuat wawasan saya semakin luas.

    • Aldy says:

      Memang tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan ngeblog. Maunya sih nanya sama istri kalau ada masalah, tapi dia malah lebih nggak ngerti. Tanya sama om google, kadang nggak nemu. Nah sekarang enak, tinggal colek ganda langsung kelar masalahnya.

  10. guskar says:

    semakin banyak pengetahuan yg saya dapatkan setelah mengenal blog. mmg nggak berlebihan jika mas aldy bilang ngeblog=sekolah gratis.
    teman2 sekolah kita ternyata dari sabang sampai merauke ya… 🙂

  11. Pakde Cholik says:

    Ngeblog manfaatnya memang segudang mas.
    Ngeblog juga membuat teman kita jadi segudang kan
    Salam hangat dari Surabaya

    • Aldy says:

      Salam Hangat dari Pedalaman Kalimantan Mas,
      Manfaatnya bergudang-gudang, tetapi mudharatnya juga bergudang-gudang.
      Tinggal pintar-pintarnya kita saja memilih.

  12. nakjaDimande says:

    Mas ALdyyyyyy… dirimu pemenang di Leysbook..!!! Selamat ya 😀

  13. yayat38 says:

    Mas, terima kasih atas partisipasinya. Saat ini acara pengundian sudah berakhir. Mohon maaf jika ada kekurangan.
    Salam hangat dan sukses selalu 🙂

    • Aldy says:

      Sami-sami kang, saya mencoba selalu berpartisipasi setiap ada blogger yang menyelenggarakan keramaian, kecuali konstes SEO, SERP saya mohon diri untuk tidak ikut.

  1. 03/01/2010

    […] Ngeblog = Sekolah Gratis […]

  2. 09/01/2010

    […] Ngeblog = Sekolah Gratis […]