Sekolah Gratis : Belajar Validasi Standard W3C

side22.com headerArtikel ini masih berkaitan dengan kegagalan validasi CSS dan keinginan narablog memiliki sekaligus belajar membuat/memiliki templat yang memenuhi standard W3C. Karena kesalahan tersebut, mau tidak mau, suka tidak suka bahkan tidak perduli dengan koneksi internet yang menjengkelkan, sekolah otodidak harus dijalankan.

Tapi sekali ini, sekolahnya tidak hanya ke W3C saja, tetapi menuju tempat lain, sebuah blog kaya makna tetapi digawangi oleh Narablog yang sederhana, blog ini milikHandoko Harry tetapi saya biasanya memanggil beliau dengan sebutan Mas Harry.

Blog dengan tampilan black and white ini, memberikan banyak inspirasi dan pengetahuan mengenai web/blog yang baik, standarisasi W3C dan pernik-perniknya. Seharusnya, jika narablog memiliki otak yang encer, kesalahan validasi CSS tersebut sudah bisa ditangani, tetapi karena kemampuan memori dan banyaknya sampah yang nyangkut, walaupun sudah diulas secara khusus oleh Mas Harry, nyatanya error masih belum dapat diatasi. Kondisi ini memaksa Personfield.web.id kembali menggunakan baju lama.

Selain di http://side22.com, sebelumnya sudah sekolah di http://rismaka.net, http://gandamanurung.com dan di http://daniiswara.com.

Kondisi yang menyedihkan, tetapi masih terus dicoba untuk memperbaikinya. Semoga saja tambahan materi otodidak yang diberikan oleh Mas Harry sedikit memberikan pencerahan. Do’akan ya…

Happy Blogging.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

43 Tanggapan

  1. delia says:

    disimpan data2 sekolahnya pak..

    ntar kalo ada masalah bisa daftar kesana..
    tapi pak Aldy juga udah pengalaman…..
    sama kayak den hanafi… ajarin lia ya pak 🙂

  2. zee says:

    Sekolah otodidak sekarang relatif lebih mudah ya mas aldy, karena dengan adanya internet, bisa banyak sharing ilmu yang kita dapat.
    Sukses mas.

  3. ceuceu says:

    lagi2 aku ga ngerti materi sekolah mas aldy itu apa.. hehehe.. tapi sepakat klo sekolah itu bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan tidak dalam bentuk duduk di atas kursi dengan pengajar di depan kita.. 🙂

    sukses mas…

  4. ganda says:

    Eh, Saya sendiri baru tahu kalau saya buka sekolah? Tapi gak pakai bangku. Dan tidak mengeluarkan sertifikat. 😀

    • Aldy says:

      Tuh, baca juga komentar, komandannya tehsusu.com dan ourlovenotes.com diatas, sekolah sudah bukan jamannya lagi identik dengan bangku sekolah, capek lagi duduk diruangan kelas yang sumpek dan ribut 😆

  5. Kakang Prabu…

    Saya jadi ingat pengalaman saya, tahun 2006 saya baru kenal dengan barang yang namanya komputer… itupun karena kepaksa hehehe, saat itu hal yang saya pelajari adalah ubrak abrik OS windows, hampir semua aplikasi yang saya temui baik itu bonus dari majalah komputer ataupun dari teman saya coba…alhasil windows jadi berat 🙂 akhirnya mau gak mau belajar jadi nge tweak windows, bermula dgn menggunakan aplikasi pihak ke-3, dan berujung ngetweak sendiri tanpa bantuan aplikasi pihak ke-3, hasilnya belasan kali instal ulang OS…. tapi dari sini saya mengerti seluk beluk windows, dan tidak pernah kuatir lagi windows saya akan dihajar virus, malahan saya mengoleksi beberapa (virus & source codenya) yang dulu sangat populer daya rusaknya… *ada yang mau* hehehe

    Bosan dengan OS, mulai kenal internet, langsung jadi kaskuser, tiada hari tanpa morum, bela2in pasang inet di kosan setelah dengan susah payah ngebujuk ibu kost agar mau pasang kabel vision ( skrng fastnet ) hehehe…..

    Mulai berpikir bagaimana cara bikin kaskus ini ya… akhirnya saya tahu kaskus itu menggunakan mesin vbulletin, tanjep ke situs vbulletin..mendapati kenyataan ternyata vbulletin itu versi bayar, akhirnya saya mencari lagi aplikasi yang serupa, dan ketemulah PHPBB, inilah awal saya menjadi tukang buat web…

    Dengan pengetahuan yang sama sekali NOL tentang web dan tetek bengengnya, saya mencoba menginstal phpbb, bingung dan kaget karena tidak menemukan file dengan ektensi .exe di hasil unduhan saya… akhirnya cari cara installnya, hal ini membawa saya mengenal TRIAD kl gak salah inget namanya, yaitu aplikasi sejenis dengan LAMP, XAMPP…. terus…terus…terus…dan terus… sampailah saya pada tahap ini sekarang kakang….

    Jadi saya sangat mendukung kl kakang prabu mau jadi developer juga, saya sendiri gak pernah belajar php, css, ajax dibangku kuliah, semua saya pelajari dari internet….

    Sorry jadi curhat.. 🙂