Sekolah Malam

Sekolah malam? kuliah lagi? bukan, kegiatan ini, Inhouse Trainning aplikasi Sipuhh Online, karena diwaktu siang lebih difokuskan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain, maka pelatihan dilaksanakan pada malam hari, berlangsung dari jam 19:00 WIBA sampai jam 22:00 WIBA. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 29 Februari 2012. Dan akan dilanjutkan ke tahap mahir pada bulan Maret 2012.

Permasalahannya, aku bukanlah trainer, hanya secara kebetulan pengetahuanku terhadap aplikasi ini lebih baik dari yang lain, makanya rada ogah disebut dengan Inhouse Trainning, aku lebih senang menyebutnya sekolah malam (karena dilaksanakan pada malam hari) atau belajar bersama.

Aplikasi SIPUHH Online ini milik Kementrian Kehutanan, dan IUPHHK yang memiliki jatah tebang minimal 60.000 M3 pertahun atau sudah memiliki izin self approval[1], wajib menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi data-data produksi kayu bulat, peredaran dan pengangkutan kayu bulat.

Hanya satu kekurangannya, apliksi ini tidak memiliki file bantuan secara online, file bantuan hanya didapat dari panduan manual yang akan dibagikan oleh Kementrian Kehutanan apabila ada pelatihan. Untuk mengatasi kelemahan ini, managemen memimta aku untuk memberikan pelatihan kepada seluruh staff PUHH yang ada ditempat aku bekerja.

Pelatihan yang sedang dilaksanakan ini bukanlah yang pertama, pada Bulan Juli 2011 – November 2011, sudah dilakukan pelatihan marathon, saat ini hanya dilakukan latihan lanjutan dari materi sebelumnya. Andai saja aku pelatih selevel dengan OM NH18, mungkin tidak akan terlalu mumet. Saat ini, semua materi pelatihan disiapkan sendiri, dari buku pegangan sampai animasi untuk mempermudah pelaksanaan pelatihan.

Dan untuk mengatasi kebuntuan, aku juga mencoba untuk membuat blog khusus file help Sipuhh online, tetapi karena semuanya dikerjakan sendiri, akhirnya untuk sementara blog tersebut terbang kalai. Yang berminat ingin tahu, silahkan kunjungi Sipuhh Online Help.. Berharap masih ada waktu tersisa untuk menggarap blog itu.

Cukup dulu ya, ntar disambung lagi…[kapan?]

1) Self Approval adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh kementrian kehutanan, yang diberikan kepada IUPHHK yang benar-benar mengelola hutannya secara berkelanjutan. Yang bisa mendapatkan ijin Self Approval, ada perusahaan pengusahaan hutan yang sudah lulus sertifikasi PHAPL (Pengelolaan Hutan Alam Produksi Lestari) oleh LEI (Lembaga Ekolabel Indonesia).

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

31 Tanggapan

  1. nique says:

    kirain tadi sekolah malam utk kejar paket berapa? 😛

  2. giewahyudi says:

    Ya saya lebih seneng disebut belajar bersama..

  3. dmilano says:

    Saleum,
    Sepertinya saat ini mas aldy sedang sibuk banget, moga- moga sehat selalu…. 🙂

  4. Darin says:

    Sekolah malam tuk belajar tentang kehutanan, begitu pak Aldy?
    Hmm, kayaknya saya bakal banyak absen, soalnya kalau malam laptop dikuasai si kecil maen game -_-‘

  5. lozz akbar says:

    gak ada kendaa kan Om dengan sekolah malamnya? apa perlu saya kirim kopi biar gak ngantuk?

    • Aldy says:

      Alhamdulilah Lozz, kendala yang berat sih belum ada, cuma koneksi internet saja yang menjadi masalah.

  6. Fajar says:

    semoga sukses om..acara sekolah malamnya…

  7. lozz akbar says:

    komenku hilang apa, kepergok satpam?? 🙁

  8. Ely Meyer says:

    bersmabung lagi kapan kapan ya ? 😀

  9. marsudiyanto says:

    Berarti sepupu istri saya juga tau program itu, karena dia juga di Kehutanan. Dulunya lulusan UGM trus kuliah lagi

    Saya sich nyantai saja, malam ya buat nongkrong…
    Jangankan malam, siang2 saja saya nongkrong…

    • Aldy says:

      Mungkin ;), tapi setahu saya selain teman-teman yang berada di Bina Produksi Kehutanan, hampir tidak tahu aplikasi ini.

      Wah enak donk mas.

  10. Ipras says:

    Kalau mungkin nanti konten yang ada di blog Sipuhh Online Help sudah oke, semoga juga bisa diertakan dalam aplikasi tersebut Pak 🙂

  11. Sukses terus ya Pak
    Berbagi ilmu utk kebaikan 🙂

  12. Evi says:

    Tantangan baru, skill baru dong Pak..Semangat ya dengan sekolah malamnya. Lama2 juga levelnya akan menyamai om Nh 🙂

  13. kereen dong pak, ide untuk membuat help online. mungkin software developer harusnya malah menyediakan help desk online 🙂

  14. Tiiand says:

    kalo saya gk bakal sanggup dah ..

  15. applausr says:

    ternyata banyak juga kegiatan mengajarnya pak… katanya bukan guru nih.. tapi dimana mengajar.