Trip to Village

Perjalan kedaerah pedalaman memberikan kesan tersendiri. Rasa lelah dan was-was karena medan yang lumayan berat terobati pada saat tiba tempat tujuan.

Perjalanan kali ini menggunakan kendaraan air yang dinamakan “long boat”, dari namanya mungkin sudah dapat diperkirakan jenis kendaraannya. Tetapi medan yang ditempuh lumayan berat dan cilakanya pelampung tidak terbawa.

Gambar berikut ini merupakan rangkaian perjalan kedaerah pedalaman, kali ini yang dituju adalah Dusun Rambuk, Desa Belaban Nyuruh, Kecamatan Ella Hilir Melawi.

gambar longboat

Gambar 1 : Long Boat yang digunakan dalam perjalanan.

Medan sungai dengan bebatuan yang tajam dapat saja menghancurkan body longboat, beruntung drivernya sudah terbiasa melalui medan seperti ini.

gambar Riam-Batu-Bulan

Gambar 2 : Longboat berhasil melewati riam batu bulan.

Medan yang paling berat ketika melewati riam batu bulan, melalui daerah ini pilihan terbaik adalah berjalan kaki sejauh 400 meter. Safety first !.

gambar rehat-sejenak

Gambar 3 : Beristirahat sejenak setelah melewati riam batu bulan.

Dan ternyata mitos memang ada dimana-mana, termasuk dilokasi riam tersebut ( menurut cerita driver longboat, riam tersebut pernah menelan jiwa ). Pada salah satu bagian, terdapat puncak bukit yang terdiri dari batu cadas. Lokasi ini dipercaya penduduk setempat berhantu. Wallahualam Bisawab.

gambar bukit batu

Gambar 4 : Puncak bukit yang dipercayai berhantu.

Rangkaian perjalanan seperti ini biasanya juga disertai dengan berjalan kaki beberapa jam, tetapi ada juga desa yang bisa didatangi dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.
Ada yang mau ikut ?

Notes : Halaman tidak valid HTML.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

66 Tanggapan

  1. kampus blog says:

    wahhh pengalaman seru nih mas..naek longboat, menyusuri sungai.. wah mantabbb

  1. 11/05/2010

    […] Geo Tag, kali ini saya akan mengajak rekan-rekan kembali naik logboat. Jika sebelumnya kita ke Dusun Rambuk, sekarang ke Dusun Sungai Dungan I, Desa Laman Mumbung Kecamatan […]

  2. 23/05/2010

    […] tugas kepedalaman memang penuh dengan resiko, berjalan kaki sekian kilometer, naik longboat melewati riam dan sampai ditempat tujuan harus siap […]