You Have Won The Prize US$ 1,000,000

Penipuan semakin hari semakin menjadi saja, berbagai macam cara dilakukan oleh si-penipu. Tadi saya membuka email dan mendapati kotak surat berisi cukup banyak surel. Salah satu yang menggelikan adalah saya dinyatakan memenangkan undian dari MS-Word Microsoft. Edaaann !!!.

Ikutan kuis/sayembara kalau bukan narablog yang dikenal juga tidak mau, sekarang tiba-tiba saja menang undian sebesar US$ 1,000,000.00.
Benarkah saya menang ? menurut versi si pengirim email ya, tetapi kalau menurut saya hoax. Perhatikan screenshot berikut ini ( maaf jika loadnnya agak lama )


Jika ada yang berminat silahkan. Kalau bisa mencairkan saya hanya minta bagian 10% saja :D.

Hati-hati, tidak ada uang jatuh dari langit semudah ini. Perhatikan cara pembuatannya sangat amatiran, sudah memberikan kesan tidak baik.
Ah sudahlah, tapi setidaknya saya harus berterima kasih kepada si pengirim email yang berbaik hati memenuhi email box. Dan terima kasih juga atas upayanya yang bersusah payah membuat pengumuman tersebut dengan dokument MS Word. Penipuan sejenis ini semakin marak, bahkan melalui nofikasi reset password facebook juga pernah saya dapatkan.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

44 Tanggapan

  1. Harry says:

    Congrat Om, selamat jadi jutawan 🙂
    Kalau ada yang bisa cairin, saya 1 persen dari 10 persennya ya, uang denger Om Aldy 😀
    Saya malah tiap hari terima yang mirip-mirip hoax juga, tapi ditunggangin trojan dalam format kompresi, berisi formulir untuk diisi alamat lengkap untuk alasan kiriman parcel menggiurkan via DHL.

    • Aldy says:

      😆 Mas Harry, ndak tahu mengirim email atau sayanya yang stress dapat email seperti ini. Hampir setiap membuka email selalu saja ada.
      Tadi nekad saja download lampirannya, karena norton tidak memberikan peringatan tanda bahaya.

    • Aldy says:

      Mas Harry, terkait artikel My dear commentator apologize me, mas saya juga mendapatkan komentar yang sama. Celakanya sudah saya keluarkan dari kerangkeng akismet. Sudah coba melihat ke alamat dimaksud, tetapi validasi tetap di W3C saja.

      • Harry says:

        Pengennya sih segera meloloskan atau segera hapus sekalian sih Om. Tapi saya tetap menghargai dengan posting tersebut.

        Meskipun larinya tetap ke arah Validator yang asli, rasanya masih kurang etis. Apalagi kalau sudah pakai embel-embel trafik dan bisnis. Karena setau saya, W3 Organization sendiri bukan berbasis profit. cmiiw

        • aldy says:

          Mas Harry,
          Kadang-kadang kepentingan bisnis lebih mengemuka.
          Dan sepertinya W3C masih belum memberikan reaksi adanya website tersebut.

          • Harry says:

            Mungkin W3 belum melihat UUD disana kali Om. Tapi sudahlah, nanti juga ada yang lebih pantas melakukan evaluasi. Salam.

            • Aldy says:

              Saya cuma salut, heran dan terkagum-kagum saja mas Harry, kok bisa-bisanya mendompleng nama yang sudah sangat besar seperti W3C. Bikin standar sendiri kek.

  2. Gus Ikwan says:

    selamat jadi jutawan ya mas ady
    ada undangan buat kamu gan, ambil ya di padepokan

  3. zuawi says:

    emank ya kalu dikerjain itu paling males and nyebeliin tapi itu bisa buat pengalaman yaitu pengalaman dikerjain .hehehehhe just kidding ya ….
    “salam”

  4. Masdin says:

    Biasanya di email gratisan (seperti yahoo dan google) email spam seperti ini banyak sekali dan terkadang tidak terfilter.

  5. wahyurez says:

    wkakaka… jelas itu penipuan pak. biasanya setelah mendapatkan ketertarikan kita, mereka minta nama dan alamat. kemudian minta uang untuk ngurus duitnya biar bisa cair, nah lho…

  6. iskandaria says:

    Saya mungkin sudah puluhan kali menerima email semacam itu. Males aja kalo mau buka. Liat judul subyeknya aja, saya udah bisa nebak kalo itu cuma tipuan. Isinya yang pernah saya baca macem-macem. Ada menang lotre lah. dapat warisan dari Nigeria lah. Ingin nitip uang buat money laundry lah, dll 🙂

  7. oglek says:

    hahaha, saya juga sering dapat email seperti itu. Bahkan pernah ada yang menawarkan sebuah resor di Dubai, aya-aya wae 😀

  8. TuSuda says:

    Kenapa masih ada juga ulah yg begituan ya Mas.. Lalu bagaimana langkah kita megantisipasi kerjaan orang iseng seperti itu, penting juga Mas ALdy berbagi ceritanya bersama. Terimakasih…

  9. jarwadi says:

    bener tiuh pak, sering kita di buat marah marah gara spammer penipu itu

  10. Cahya says:

    Salah satu ciri hoax adalah mereka semua pakai huruf kapital 😀

  11. hmcahyo says:

    wah saya sering tuh dapat gituan 😀

  12. Hanif says:

    hehehe, lumayan itu pak. duit2 dalam impian semata. hehe.

  13. Saya juga pernah tuh kakang, dapet lotere katanya, disuruh ngirim data ini..itu… akhirnya saya kirim data palsu aja, trus disuruh bayar pajak dulu sebelum uangnya di klaim…hehehe….jelas sekali modusnya…

    • Aldy says:

      Memang ujung-ujungnya minta duit ? Wew… saya sih belum pernah Mas, ntar sesekali mau saya coba mengirimkan data palsu.

  14. idebagusku says:

    wah saya sudah beberapa kali mendapat email seperti itu, tapi semuanya ujung-ujungnya seperti planet orange bilang…minta dikirimin uang dulu

    • Aldy says:

      😉 kayaknya untuk sudah senior langsung bisa tahu kalau email tersebut hoax, tetapi adakalanya orang kita suka tergiur mas.

  15. duh, masih aja nyari cara utk nipu kayak gini,
    dan dr hari ke hari gak ganti2 modus, kalau gak dpt lotere , ya dpt warisanlah.
    aya yaa wae ya Mas 🙁
    salam