Facebook Reset, Spam dan Virus ( Three In One )

screenshot-email dari FBSeperti biasanya, jika online yang dibuka duluan biasanya email. Dan hari ini kebetulan menangkap “seekor” spam yang isinya notifikasi di Facebook, isinya juga bagus, notifikasi bahwa password facebook saya direset. Saya malah bertanya-tanya sendiri kapan saya mereset password FB, wong buka FB saja jarang-jarang.

Karena penasaran dan sedikit iseng ( walaupun sebenarnya sudah yakin file attachment yang disertakan tidak benar ), saya mencoba untuk membuka file attachment tersebut dan boom….antivirus saya dengan serta merta memberikan tanda bahaya.
Dari pada mencari penyakit sendiri, filenya langsung saya masukan ke keranjang sampah.

Sejauh yang saya tahu, jika kita mereset password FB, notifikasi yang diberikan oleh FB biasanya berbentuk link, bukan file lampiran. Belajar dari pengalaman ini, sebaiknya rekan-rekan juga waspada jika notifkasi sebuah jejaring sosial menyertakan lampiran, karena sudah bisa dipastikan file tersebut mengandung sesuatu yang tidak benar. ( silahkan baca di Email Kesalahan Yang Tidak Seharusnya Terjadi. ).

Hanya sekedar mengingatkan saja, mungkin rekan-rekan lupa…(*lebaynya kumat *).

  Copyright secured by Digiprove © 2010 Aldy Markopiola

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

65 Tanggapan

  1. delia says:

    makasih infonya..:)

    saya juga kalo ada email2 dari pengirim yg unfamiliar disertai attachment file langsung remove aja.. males buka nya..
    pernah kejadian dulu juga gitu.. Link nya di buka yang keluar malah porn site…hikss hikss… apalagi virus… duhhh walau udah pasang anti virus tetap takut aja knapa2 🙂