Hati-hati : Akses internet cepat bisa membuat anda stress !

Mungkin sedikit kedengaran aneh. Bukankah selama ini kita justru mendambakan Internet yang cepat, stabil dan murah ?

Sebuah lembaga di Inggris, yaitu Talk Talk, perusahaan yang bergerak pada layanan internet. Mereka telah melakukan sebuah riset, ternyata kecepatan internet ternyata lebih sangat cepat dan hal tersebut memperngaruhi emosi seseorang. Mengapa ? karena kecepatan akses internet secara tidak langsung menimbulkan expectasi yang berlebihan terhadap dunia nyata.

Dari hasil survey tersebut disebut bahwa 70% netter, hilang kesabarannya jika sebuah blog terbuka lebih dari satu meit.

Dan untuk melampiaskan emosi karena jaringan yang melambat 19 % responden dengan rentang usia 19-40 tahun mengaku meleparkan sesuatu untuk menumpahkan kekesalan.

Hal ini juga berdampak pada kehidupan sehari-hari, dari hasil survey yang sama juga disebutkan bahwa kesabaran mereka mulai hilang jika pesanan terlambat lebih dari delapan menit dan mereka juga akan marah jika seseorang tidak membalas sms mereka dalam jangka waktu 13 Menit.

Mark Schmid, Communications Director Talk Talk mengatakan “Kecepatan dunia online membuat kita semakin tidak siap menunggu sesuatu terlalu lama didunia nyata.  Dengan semakin cepatnya Internet, kita berharap didunianya juga akan semakin cepat.”

Nah, jika di Inggris orang stress karena koneksi internet yang cepat kemudian turun sedikit saja sudah menjadi stress,  kalau di Indonesia kita justru kebanyakan stress karena koneksi internet yang super lelet, bahkan ada yang menjulukinya dengan koneksi dodol.

Apakah ada hubungannya antara koneksi yang lambat dengan pembuatan dodol yang lambat, sehingga koneksi internet yang lelet disebut dodol ? seperti harus dilakukan survey juga. 😆

Sumber : www.Detik.com, gambar  : http://www.kf6nvr.net/blog/archives/images/computing_stress.jpg

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

56 Tanggapan

  1. makngah lena says:

    ooo ..koneksi lemot ??
    udah biasa …lagee…

  2. dani says:

    Sebaliknya pengguna koneksi Internet lambat akan lebih sabar? Atau justru lebih stres? 😀

    Daripada menyesali lambatnya akses dan membenci situs Web bersangkutan, kenapa di sisi pengguna/peramban tidak berusaha mengurangi fitur yang harus ditampilkan suatu halaman Web? Seperlunya sesuai kebutuhan dan kemampuan lah. Misalnya dengan disable images, javascripts, ads. [Nanti pasti bersyukur dengan aksesibilitas Web]. 😀

    • ganda says:

      Menurut saya, jika dalam kondisi tenang(yah, anggaplah browsing2 yang biasa2 dalam keadaan santai, dan bukan karena ada hal yang penting dan harus di akses, misalnya baca2 blog teman), mungkin pengguna koneksi internet ini akan lebih sabar. Namun jika mengakses Internet misalnya untuk keperluan tender, atau web lelang yang menggunakan Ajax yang cukup berat misalnya, atau email dari Bos yang harus di balas, tentu akan membuat stress pengguna Internet.

      Untuk keperluan browsing di kala koneksi buruk, baiknya menggunakan web browser dengan fitur kompresi, seperti Opera 10. Tentunya mendisable beberapa hal yang tidak diperlukan.

      • dani says:

        Turbonya Opera pake proxy+cache, kan itu ya?

        • Aldy says:

          Benar Mas Dani dan Ganda, saya sendiri kebanyakan ( seperti malam ini ) mematikan semua fitur yang memperlambat loading ( images, js, ), kalau pake opera turbo+cache, tampilannya sering tidak beraturan mas, tetap FX tetapi semua fitur di matikan. Memang rasanya ada yang tidak sempurna.

          • Aldy says:

            Update : JS terpaksa harus dinyalakan, kalau nggak thread comment-nya tidak berfungsi.

          • dani says:

            @aldy,
            di noscript-nya fx, tinggal pilih mana yang di-enable, mana ngga. 🙂

          • Aldy says:

            Yup benar mas Dhani, nggak kepikiran sampai kesana. Lagi mumet mas, mikirin koneksi yang ambur adul.
            Terima kasih pencerahannya.

  3. Dini says:

    Bener tuh, koneksi internet di indonesia memang prihatin.

    Pake opera lumayan juga, ada fasilitas automatic nya, jadi kalau koneksi lagi lelet, dia compress file file gambarnya biar loading cepet.

    Gimana yang lain? udah coba ?

  4. hyuei says:

    nice bro…ane ijin kopas link ini ya, biar pada baca kesini…hehe

  1. 21/12/2009

    […] Selama ini kita pasti sering mengkhawatirkan kondisi kesehatan jika terlalu lama di depan komputer dan berselancar di dunia maya, bahkan bisa menimbulkan stress. […]