Jangan dibaca, karena tidak penting.

Kata-kata bijak berikut ini bukan karya saya, karena saya bukan maestro. Ini hanya kumpulan kalimat-kalimat bijak dari para maestro. Silahkan disimak dan coba berkaca, benarkah yang mereka ucapkan dan sudahkah kita mengimplementasikannya ?

Jangan berfikiran saya mencontek ( saya cuma menyalin ulang ), karena ini memang bukan buah fikiran saya. Saya hanya mencoba untuk merangkum dalam jumlah kecil dan berharap ini akan mengingatkan saya secara pribadi dan jika saya belum menerapkannya, mudah-mudahan suatu saat bisa saya terapkan.

Simak Lima belas kata bijak berikut ini :

  1. Ketika kita bodoh, kita selalu ingin mengusai orang lain. Tetapi kala kita bijak, kita ingin mengusai diri sendiri. (Anonim )
  2. Orang bodoh selalu merasa dirinya pintar, tetapi orang pintar selalu merasa dirinya bodoh.( Anonim )
  3. Kalau anda tidak mau tersesat, maka anda tidak akan pernah menemukan jalan yang baru ( Anonim )
  4. We can not solve problems with the some kind of thingking when we create it ( Albert Einstein )
  5. Seseorang tidak akan hancur pada saat dia dihancurkan. Ia akan berakhir kalau ia sendiri yang berhenti ( Presiden Nixon ).
  6. Akan lebih baik mengubah pendirian dan memperjuangkannya menjadi sesuatu yang lebih tinggi dari pada tidak memiliki pendirian. ( Khalil Gibran )
  7. Tantangan manusia terbesar abad ini adalah bagaimana mengubah teman-teman kita sendiri, bukan musuh-musuhnya ( William Jefferson ).
  8. Tiap pesulap tahu, didepan khalayak dia berdusta, karena dusta itu mengasyikkan para hadirin ( Gunawan Muhammad )
  9. Anda hanya akan melihat bayang-bayang sendiri kalau membelakangi matahari. ( Khalil Gibran )
  10. Bersahabat dengan orang tolol sama bodohnya berdebat dengan pemabuk ( Khalil Gibran )
  11. Manusia cenderung tidak mempercayai segala kebenaran baru, sampai mereka benar-benar mengalaminya sendiri ( Nicolo Mchiavelly )
  12. Saya memuji dengan suara keras, saya menyalahkan dengan suara lembut ( Ratu Katarina II – Rusia )
  13. Setiap orang bisa marah. Itu mudah ! tetapi marah pada orang yang tepat, pada saat yang tepat dengan alasan yang benar dan tingkat kemarahan yang pas, tidak mudah ( Aristoteles )
  14. Tempora mutantur et nos mutamur in ilis. Waktu berubah,  dan kita berjalan bersamanya ( Anonim )
  15. Perubahan pasti, kemajuan belum tentu ( Carr E. H ).

Bukanya ingin mengajari tetapi hanya sekedar ingin bertanya dari lima belas hal diatas, berapa item yang ada difikiran rekan-rekan semua ?
Ini juga bukan kuis berhadiah tetapi hanya permainan kecil untuk menyegarkan kembali fikiran.
Salam Blogger.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

61 Tanggapan

  1. Deka says:

    Pertamaxxx Mode ON
    Hanya sekedar Absen dulu Om, Maaf masih sok sok sibuk!

  2. ramudeng says:

    cuman 1 om, yang mana? cuman saya sendiri yang tau
    *ra ngerti yo ra bakalan rugi kok, sopo koe?*

  3. nakjaDimande says:

    katanya jangan baca, eh ujung2nya malah nanya 😀

    di kepala bundo yang nomer satu itu.. bundo seringnya bodoh, kerap ngga bisa menguasai diri sendiri.

    • nakjaDimande says:

      berati klo bundo bilang bhw bundo bodoh.. berati sebenarnya bundo pintar [poin nomer 2]

      • Aldy says:

        Semua orang juga tahu Nama yang tidak boleh disebut selalu membawa misteri dan include didalamnya sebuah kecerdasan yang tersembunyi.

    • Aldy says:

      😉 kan itu trik yang saya pelajari di Ladang Jiwa.
      Mungkin saja pada saat itu emang sedang….

  4. badruz says:

    3 mas. cuma saya yang tahu, kayak pesulap saja…. he…
    Mantap.

    salam.

  5. narno says:

    tidak boleh dibaca malah saya baca

  6. narno says:

    puisi pendeknya belum dapat, tak bisa diperkirakan

  7. dani says:

    Sepertinya lebih baik urutan di atas berformat <ol> dan <li> pak. Lebih usable saat merujuk di komentar. 🙂

    Saya menyesuaikan dengan pengalaman ber-Linux (saya memakai tag <q> di bawah; entah di-support atau tidak di theme blog ini), menurut asumsi saya:

    “Ketika kita bodoh, kita selalu ingin menguasai orang lain. Tetapi kala kita bijak, kita ingin menguasai diri sendiri.”
    Mengendalikan diri untuk tidak memaksakan kehendak pemakaian satu distro Linux. Atau malah menjelekkan sistem operasi lain. Lihat sudut pandang pengguna lain.

    “Orang bodoh selalu merasa dirinya pintar, tetapi orang pintar selalu merasa dirinya bodoh.”
    Masih ada langit di atas langit. Saat memakai Linux, batasnya hanya kemampuan dan kemauan pengguna.

    “Kalau anda tidak mau tersesat, maka anda tidak akan pernah menemukan jalan yang baru.”
    Pengalaman itu memang penting. Berusaha memecahkan masalah konfigurasi Linux adalah sebuah proses.

    “We can not solve problems with the some kind of thingking when we create it.”
    Pasti ada solusinya. Keterbukaan Linux membuka kreativitas.

    “Seseorang tidak akan hancur pada saat dia dihancurkan. Ia akan berakhir kalau ia sendiri yang berhenti.”
    Berhenti berusaha mengatasi troubleshooting Linux adalah salah. Siapa lagi yang diharapkan kalau bukan usaha dari diri sendiri? Minimal Googling lah. 🙂

    “Akan lebih baik mengubah pendirian dan memperjuangkannya menjadi sesuatu yang lebih tinggi dari pada tidak memiliki pendirian.”
    Tiap distro Linux punya filosofi dan konsep. Itulah dasar pilihan kita. Karena selain itu, pilihannya banyak sekali.

    “Tantangan manusia terbesar abad ini adalah bagaimana mengubah teman-teman kita sendiri, bukan musuh-musuhnya.”
    Rangkul sebagai teman, bukan lawan. Beda distro boleh, tapi sama-sama open source, kan.

    “Anda hanya akan melihat bayang-bayang sendiri kalau membelakangi matahari. “
    Enakan menatap ke depan. Log dan kesalahan konfigurasi Linux yang lalu bisa di-delete jika sudah cukup memberi pelajaran.

    “Bersahabat dengan orang tolol sama bodohnya berdebat dengan pemabuk.”
    Tidak setuju! Orang bisa berubah dan belajar. Siapa yang tidak pernah tolol Linux? Langsung pintar Linux? Bukannya harus mabuk Linux dulu? 🙂

    “Manusia cenderung tidak mempercayai segala kebenaran baru, sampai mereka benar-benar mengalaminya sendiri.”
    Pengalaman sendiri lebih terasa tamparannya. Coba dulu pakai Linux-nya, baru komentar! 😀

    “Saya memuji dengan suara keras, saya menyalahkan dengan suara lembut.”
    Ah ini mungkin golongan penjilat. Maaf. Linux memang ada kekurangan di sana-sini. Ngga usah disembunyikan.

    “Setiap orang bisa marah. Itu mudah! tetapi marah pada orang yang tepat, pada saat yang tepat dengan alasan yang benar dan tingkat kemarahan yang pas, tidak mudah.”
    Coba marahi produsen proprietari yang tidak menyediakan driver untuk Linux. Mungkin itu marah yang tepat. 🙂

    “Tempora mutantur et nos mutamur in ilis. Waktu berubah, dan kita berjalan bersamanya.”
    Ah harusnya ini ada di baris atas, sehingga saya tidak buang-buang waktu menulis ini. 😀

    • Aldy says:

      Terima kasih bli Dhani,
      Sudah saya benarin dikit. Mengenai Linux, berkat bantuan Mas Dhani sekarang sudah mulai bisa menguasainya Mas. Dan mengenai mana yang baik dan tidak, sekarang saya sudah paham dan sepakat dengan Bli bahwa kehebatan dan kekurangan linux pada akhirnya kembali kepada penggunanya masing-masing.
      Saat ini sedang experimen bli, karena kalau dikantor koneksinya semuanya menggunakan Windows, untuk dirumah bisa linux.
      Cuma ada satu masalah, karena saya menggunakan HP K Touch sebagai modem, saya sampai sekarang masih belum berhasil menghubungkan kedua perangkat. Sudah googling, tapi masih belum bisa.

      “Tempora mutantur et nos mutamur in ilis. Waktu berubah, dan kita berjalan bersamanya.””
      Ah harusnya ini ada di baris atas, sehingga saya tidak buang-buang waktu menulis ini.

      ;), kalau begitu saya nggak bisa dunk “memaksa” bli Dhani untuk memberikan pendapat. Dan (maaf, bukan angkat telor ), pedapat bli Dhani membuka saya semakin lebar mengenai Linux.
      Terima kasih Bli Dhani.

      • dani says:

        Nanggung, Pak. Saya menghargai koneksi Internet saya. Masak sudah mampir cuman basa-basi aja. ♥

        [OOT] Untuk modem K-Touch & Ubuntu, sudah pernah coba Konfigurasi Modem HP Smart K-Touch e329 di Ubuntu tulisan Pak Subair? Jika seri HP-nya berbeda, biasanya konsepnya serupa. 🙂
        Terima kasih buat beliau-beliau yang sudah berbagi.

        • Aldy says:

          Bli Dhani, kalau yang ini belum saya coba, sekarang saya kesana dulu untuk mencari tahu lebih lanjut, mudah-mudahan beliau nggak keberatan.

  8. Andi says:

    komenku oh komenku… ilang ditelan siapa gerangan? 😀
    judulnya bikin penasaran, jadinya ya nekad tak baca

  9. guskar says:

    menurut saya kalimat paling bijak adalah : jangan dibaca karena tidak penting 😉

  10. ADAbisnis.com says:

    Tak pikir mau jadi motivator… ealah ternyata oh ternyata… he3..

  11. Khery Sudeska says:

    Saya sekata aja dah sama Kiayne Guskar 😀

  12. narno says:

    telah kutulis puisi dua huruf

  13. didtav says:

    iya deh tidak saya baca karena tidak penting

    • Aldy says:

      Yah…ini yang benar ?, tadi saya sudah berkunjung ke blognya, menarik dan banyak bisa di donlod, tapi jaringan tidak memungkinkan saya untuk donlod.

  14. Siti Fatimah Ahmad says:

    Assalaamu’alaikum

    Saat membaca 15 tulisan mutiara di atas, begitu serius sekali bunda membaca dan cuba memahami kontek yang mahu disampaikan kepada dunia akal manusia. lalu saat ananda Aldy meminta untuk khalayak pembaca memikirkan yang mana satu dari 15 yang sempat ditangkap minda, bunda lantas membaca dulu komentar para sahabat. apa yang berlaku, buka jadi senyum dan ketawa kerana pelbagai reaksi yang cukup bijak dan harmoni dihamparkan dari kotak memori masing-masing.

    Lantas bunda berfikir, aku fikir yang mana satu difikirkan. kerana mahu cepat, maka bunda mengirimkan pertanyaan yang sama hebat juga dengan komentar sahabat yang lain. Kalau menurut nanda, apa yang sedang bunda fikirkan dari 15 perkara di atas ? Ini bukan kuiz juga dan hanya penyampaian gembira kerana bergabung sebentar dengan nanda Aldy di dunia maya. 😀

    Salam mesra dari bunda di Sarawak, MALAYSIA.

    • Aldy says:

      Waalaikumsalam Bunda Siti,
      Senang sekali bunda datang berkunjung kelaman nanda.
      Semua yang nanda tulis diatas hanya kumpulan kalimat-kalimat bijak dari para maestro bunda.
      Nanda menduga Bunda memikirkan Judulnya, tetapi karena penasaran kemudian membacanya…

  15. arkasala says:

    nomor 13 menjadi perhatian saya mas Aldy, maklum saya termasuk kategori pemarah he he. Namun semua kata-kata di atas maknanya dalam sekali Mas. Trims sekali.
    Salam hangat selalu 🙂

    • Aldy says:

      Yah Nih Kang yayat, menentramkan hati yang sedang marah memang bukan pekerjaan yang mudah. Tetapi bukan tidak mungkin.