Penghalang itu sudah dibuang.

Beberapa waktu yang lalu, beberapa rekan blogger mengeluh sulit memberikan komentar ke blog ini bahkan ada yang mengatakan blog ini tidak bisa terbuka.
Bunda Siti bahkan menyampaikan setiap mau masuk keblog ini selalu mendapatkan pesan http 403 error. Hanya sesekali beliau bisa masuk keblog ini.

Mas Cahya juga mengeluh, tidak bisa masuk blog ini jika melalui koneksi MOBI yang digunakan, kecuali melalui warnet. Selain Bunda Siti dan Mas Cahya, ada beberapa rekan blogger lain menyampaikan hal yang sama (maaf, saya lupa siapa saja yang pernah mengeluhkan masalah ini).

Pak Aldy,
Dulu saya menemukan pengaya yang bekerja seperti ini, namanya “bad behavior” – menolak semua akses dari IP Address yang pernah atau dicurigai pernah melakukan spamming. Tapi setahu saya, “bad behavior” tidak memiliki akses/kerja sama dengan “Project Honey Pot”, – CMIIW.

Jadi bukan tidak bisa dibuka sih tepatnya, namun tidak diizinkan untuk diakses, jadi saat saya pakai dial-up MOBI, saya tidak diizinkan mengakses blog ini oleh setelan keamanan tersebut, tapi ketika saya pakai publik hotspot/wifi yang memiliki IP Address berbeda, maka saya dapat mengakses blog ini.

Kutipan diatas salah satu komentar Mas Cahya pada tanggal 30 Oktober 2010, jam 18:02 dan kebetulan pada saat saya sedang mencari tahu penyebab blog ini susah diakses pada sebagian netter. Bermodalkan keterangan tersebut saya mencoba mencari tahu lebih jauh mengenai plugins bad behavior. Dari sinilah awalnya saya memutuskan untuk menon-aktifkan pengaya tersebut.

Dan Alhamdulillah, setelah pengaya tersebut dibuang, umpan balik dari Mas Cahya menyebutkan bahwa blog ini sudah bisa diakses melalui modem MOBI yang selama ini terblokir oleh pengaya tersebut. Demikian juga komentar dari Bunda Siti, blog sudah bisa diakses.

Kepada rekan-rekan, saya mohon maaf jika selama ini terdapat gangguan yang tidak nyaman seperti ini. Kepada Mas Cahya, terima kasih umpan baliknya.

Penasaran dengan pengaya Bad Behavior ini? coba kunjungi WordPress.org/extend/plugins/bad-behavior untuk mendapatkan deskripsi dan mendownload pengaya tersebut atau datangi langsung website-nya.

Selanjutnya? mudah-mudahan saja tidak gangguan lagi.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

155 Tanggapan

  1. Catatan Kecil says:

    Wah,,salam kenal dulu neh,,,,maaf blom bisa comment banyak.

  2. jadi bad behavior…. aku tak tahu apa tuh. selamat kamu sudah bisa diakses

  3. julicavero says:

    waduh..saya blm ngerti masalah gituan neh..mudah2an gada penghalang lg ya pak aldy

  4. ummurizka says:

    Saya juga sering mengalami kesulitan ketika mau berkomentar di blog sahabat, dengan info ini jadi mengetahui penyebabnya. maksih banyak pak infonya bermanfaat banget.

  5. usagi says:

    tes…tes..tes…

    om kerja di perkebunan kelapa sawit yak
    sama dong.. (^_^)

    tesis ku juga ngebahas tentang kelapa sawit..

    (*kata si omm gak nanya.. 😛

  6. Rismanto says:

    nice info. btw udah pernah pakai akismet pak? kalau untuk sekedar memblokir spam comment, widget ini lumayan sakti. salam kenal…

  7. fendik says:

    Salam kenal Pak, saya ndak ngerti sama sekali pak tentang penghalang itu.. hehehe.. maklum masih nubie.. 🙂

  8. azaxs says:

    salam kenal pak.. saya juga pernah mengalami hal yang sama 🙂

    tntang spam, saya tetap mengandalkan akismet, dan saya biarkan spam menumpuk di tumpukan spam.. hehe 🙂

  9. lawang says:

    informasi yg bermanfaat mas, salam kenal

  10. masyhury says:

    Wah, selamat ya pak kalau sudah bebas dari penghalang itu. Saya sering juga menemukan blog yang tidak bisa di akses seperti itu,,

    Salam kenal,

    • Aldy says:

      Terima kasih Mas,
      pengahalang ini sebenarnya hanya menghalangi Alamat IP tertentu yang diindikasikan sebagai IP spammer.

  11. idana says:

    test..test…

    komen ini bisa masuk ngak yaaaa

  12. idana says:

    salam kenal ya pak…

    beberapa waktu lalu saya pernah mencoba buka blog ini, tapi susah banget untuk komen…syukurlah ternyata sudah oke sekarang

    salam hangat dari Denpasar 🙂

  13. joe says:

    saya kok belum tahu, apakah itu semacam spam blocker?

  14. Nurul Azis says:

    Untuk beberapa blog saya, perpaduan bad behaviour dan akismet benar-benar efektif untuk menghalau spam. Tetapi Bad Behaviour nya crash sama wp super cache yang juga enabled, jadi saya singkirin plugin tersebut. Dan spam di dashboard pun mengantri untuk di kosongkan 😀

    Menurut saya bagus ko’ bad behaviour gak pernah ada complain selain yang barusan tadi…

  15. budiarnaya says:

    Nah bang…sesuai kirimannya, sy udah pakai yang baru heee