Tersangka?

Sebelum dilanjutkan, agar tidak menimbulkan huru-hara, buruk prasangka dan meletakan asas praduga tidak bersalah pada tatanan yang paling tinggi, setidaknya perlu penjelasan terlebih dahulu. Preet!!!

Sampai dengan berita ini naik cetak, masih belum didapat keterangan yang lebih jelas penyebab keduanya dijadikan tersangka(?) oleh aparat anti spam. Namun sudah dapat dipastikan bahwa Bunda Lily Suhana tidak tersangkut kasus pemakan durian tanpa ijin ataupun karena tanggapan keras Mas Sugeng terhadap pelaksanaan prosedur disebuah media blog beberapa waktu yang lalu.

spammer

Masih sedang dicari penyebabnya mengapa akhir-akhir ini beberapa komentar yang masuk justru terperangkap dalam spambox, dugaan sementara terjadi karena pemasangan antivirus khusus untuk wordpress karena sejak dipasang Growmap Anti Spambot Plugin, Akismet sudah dipensiunkan. Selain itu ada dugaan karena pengaturan di Discussion Settings, pada kolom Comment Blacklist. Ada filter terhadap kata-kata tertentu dalam komentar yang tidak diperkenankan. Sehingga jika ada kata-kata yang dianggap tidak baik, maka komentar akan langsung masuk spam box. Tidak perduli berapa kali si komentator menuliskan komentarnya.

pengaduan

Narablog yang sudah memberikan komentar dan terperangkap dalam spambox, sampai dengan sore hari ini sudah dibebaskan semua. Kejadian ini mungkin saja meninggalkan perasaan jengkel, kecewa, kesal bahkan amarah. Atas kejadian yang tidak mengenakan ini, admin blog mohon maaf yang sebesar-besarnya dan akan segera dicari akar permasalahan yang sebenarnya sedang terjadi. Dan kelak, setelah permasalahnya diketahui akan diumumkan kepada umum agar diketahui oleh umum sehingga demikian dari pada itu, kejadian yang tidak umum ini tidak mengganggu kepentingan umum.

Gambar komentar bunda Lily dan Mas Sugeng diatas hanya sebagai pemanis dan sedikit bukti bahwasanya kasus tersebut memang terjadi diblog ini, masih ada banyak komentar rekan narablog yang terjebak dalam spambox. Ini hanya contoh.

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari tiga orang putu (update). Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.

Mungkin Anda Tertarik

52 Tanggapan

  1. Ian says:

    wah, aneh juga ya mas, jangan-jangan….

  2. Budi Arnaya says:

    Semoga saya tidak menjadi tersangka, satu, dua , tiga

  3. Jumiansyah says:

    Untung komentar saya gak masuk spambox.. Horee..

  4. Una says:

    Itu kenapa ya bisa kayak gitu.
    Semoga komenku gak masuk spam 🙁

  5. Hanif says:

    saya sering pak yang komentar masuk satpam, padahal udah gak pasang plugin apapun. hehe, jadi tiap hari harus ngontrol deh ada yg masuk spam atau gak. 🙂

  6. jarwadi says:

    saya juga sering bete karena identitas saya, meskipun sudah login di wordpres, tetap sering terjaring spam, bahkan di blog2 wordpress sendiri 🙁

  7. Fajar says:

    komenta saya semoga tidak ikut masuk dalam spambox …

  8. Coba tes komen ah
    apa akan terjebak 🙂

  9. Ngai says:

    Akinya temenan sama aku, om.. langsung lolos aja
    #pede

  10. Cita says:

    lagi musim spam sepertinya Pak,
    temen-temen yang lain banyak yang kena satpam ini.

    nah.. apakah komen saya ini, terdeteksi spam atau bukan Pak?

  11. dmilano says:

    Saleum,
    Koment ku juga sering dituduh spam di wp. untung masih ada kopi, acara sedihnya sedikit terobati 🙂

    • dee says:

      Kami berdua mendoakan semoga dalam waktu dekat mas Aldi sudah mendapatkan titik terang mengenai permasalahan ini. aku bantu dengan doa dan semangat aja ya mas 🙂

      • Aldy says:

        seperti sudah ditemukan, bukan hanya masalah pengaya yang digunakan, tetapi ada setting dasar yang terlalu ketat.

    • Aldy says:

      Kebanyakan ngopi ntar perutnya kembung

  12. sebaiknya dicantumkan kata-kata yang membuat komentar masuk kotak spam sehingga komentator bisa menghindarinya.

  13. Cahya says:

    Lha, yang punya blog kok malah bingung, gimana nanti yang baca blognya Pak :D.

  14. TuSuda says:

    kalau berkomentar singkat, kadang tidak terjerat… 😉

  15. iya pak, untuk blog tertentu kadang blognya dhe juga suka gitu.. hmm, kenapa yaa pak?? tapi blog dhe gk pernah masuk spam kan disini?? hahaha, serasa udah sering komen aja.. 😀

    • Aldy says:

      Dhenok, akhir-akhir ini memang seperti ini. Semoga dengan pengurangan filter bisa mengurangi komentar rekan-rekan yang masuk spambox.