Windows 10, Sudah Siapkah Kita Menyongsong Kehadirannya?

Windows10-2

Upgrade gratis windows7 SP1 dan Windows 8.1 ke Windows 10 | alldie

Microsoft.com beberapa waktu yang lalu telah mengumumkan bahwa Windows 10, yang dicanangkan sebagai pengganti sistim operasi Windows 8.1 akan resmi rilis tanggal 29 Juli 2015 yang akan datang, pertanyaannya sudah siapkah kita dengan sistem operasi tersebut? apakah perangkat yang kita gunakan saat ini kompatibel? dan berbagai pertanyaan lainnya menggelayut di kepala pengguna Windows versi-versi sebelumnya.

Bagi pengguna Windows 7 (service pack 1) dan Windows 8.1, reserve upgrade ke Windows 10 bisa temukan langsung pada Taskbar sistim operasi yang sedang digunakan, terdapat icon jendela kecil pada taskbar, jika di klik akan mengantarkan pengguna ke jendela reserve Windows 10.  Pada jendela yang terbuka, klik pada tulisan “Reserve Your Free Upgrade”.  Nanti pada tanggal 29 Juli 2015, window secara otomatis akan mengunduh file upgrade (diperkirakan sebesar kurang lebih 3 GB) dan memasang Windows 10 pada perangkat.

Upgrade ini ditawarkan gratis oleh Microsotf, tetapi dibatasi hanya selama satu tahun, setelah itu upgrade Windows 10 akan dikenakan tarif.  Dari beberapa informasi, upgrade gratis ini mencakup perangkat yang dipasang windows bajakan, tetapi ada informasi lain yang menyebutkan bahwa untuk windows bajakan akan dikenakan tarif tersendiri.

Tetapi sebelum pengguna melakukan upgrade, sebaiknya lakukan dulu pengecekan perangkat apakah mendukung sepenuhnya atau ada bagian dari komponen perangkat yang harus ikut di upgrade.  Untuk melakukan pencekan, pada jendela notifikasi windows, klik ikon pada pojok atas kiri (perhatikan ikon garis sebanyak 3 buah), arahkan tetikus pada “Getting the Upgrade -> Check Your PC”.

Hasil pengecekan yang menyatakan bahwa perangkat yang digunakan kompatible sepenuhnya dengan windows 10 | alldie

Hasil pengecekan yang menyatakan bahwa perangkat yang digunakan kompatible sepenuhnya dengan windows 10 | alldie

Dari gambar diatas, kita bisa mengetahui bahwa perangkat digunakan mendukung penggunaan Sistem Operasi Windows 10, namun demikian sangat disarankan untuk sedikit berhati-hati, karena pengecekan tersebut hanya kompabilitas perangkat, tidak termasuk aplikasi yang terpasang pada alat yang digunakan.

Dari beberapa perangkat yang sudah saya test kompabilitasnya, yang paling banyak bermasalah pada VGA Card, terutama pada desktop yang menggunakan VGA Card Onboard, namun hal ini bisa diakali cukup dengan mengupgrade VGA card jenis PCI slot.  Masalah yang sulit adalah jika perangkat yang digunakan jenis Laptop, karena hampir tidak mungkin mengganti VGA yang tertanam dengan VGA baru, cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membeli laptop baru.

Sekali lagi, langkah terbaik yang bisa pengguna lakukan adalah jangan terburu-buru melakukan reserve, sekalipun perangkat yang digunakan sudah mendukung, karena masih belum diketahui kompabilitasnya dengan software lain yang sudah diinstall pada perangkat.  Tunggu beberapa bulan setelah Windows 10 resmi diluncurkan, kita bisa mencari tahu via internet atau kepada teman terdekat yang sudah menggunakan sistem operasi tersebut.  Lagipula, upgrade ke Windows 10 bukanlah sesuatu yang sangat mendesak, karena Windows 7 atau Windows 8.1 yang digunakan saat ini sudah cukup baik.

Jika merasa terganggu dengan adanya notifikasi upgrade tersebut, pengguna dapat menghilangkannya dengan cara membuang/uninstall window update nomor : KB3035583.  Buka Control Panel – Program (uninstall program – disini pengguna akan diarahkan ke jendela Programs dan Feature) – Klik pada View Intalled Update yang terdapat pada pojok kiri atas (dibawah tulisan Control Panel Home) – Cari Update KB 3035583 – Klik kanan pada update tersebut dan pilih Uninstall (atau klik pada KB 3035583 dan klik pada tulisan Uninstall yang terletak pada bagian atas jendela update windows).

Dengan menghapus file KB3035583, maka notifikasi Upgrade Windows 10 pada taskbar dihilangkan | alldie

Dengan menghapus file KB3035583, maka notifikasi Upgrade Windows 10 pada taskbar dihilangkan | alldie

Setelah uninstall selesai, nofitikasi otomatis akan menghilang daritaskbar, jika belum silahkan restart perangkat yang digunakan.  Untuk menghindari kembali tampilnya notifikasi tersebut (jika pengaturan update windows dibuat otomatis), masuk lagi ke jendela update windows, klik pada KB 3035583 dan pilih Hide.

Bagi perangkat yang belum menampilkan nofikasi pada taskbar dan tidak terdapat pada update Windows, untuk menampilkannya, cari tahu informasi tambahan di Microsoft.com atau di TechRepublic.com.

Informasi Upgrade lengkap dapat dibaca di web resmi windows 10.

Keputusan sepenuhnya ada ditangan pengguna, sekali lagi, dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap pengetahuan para kompasiner yang lebih mumpuni, saya hanya bisa menyarankan sebaiknya tidak terburu-buru melakukan upgrade walaupun gratis, karena ada hal krusial lainnya yang bisa menjadi petaka yaitu kompabilitas antar aplikasi yang terpasang di perangkat kita masing-masing.

Silahkan ditunggu, upgrade otomatis akan berjalan setelah tanggal 29 Juli 2015, saat windows 10 resmi dirilis | alldie

Silahkan ditunggu, upgrade otomatis akan berjalan setelah tanggal 29 Juli 2015, saat windows 10 resmi dirilis | alldie

Upgrade Reserve ini dilakukan pada Laptop Asus Seri N46VZ, upgrade hardware yang sudah dilakukan berupa penambahan Memory DDR3 PC 12600/1600MHz menjadi 8GB dan mengganti Harddisk konvensional menggunakan SSD SanDisk Extreme Pro 254GB, mengganti Slot DVD ROOM menjadi Harddisk dengan kapasitan 1TB.
Tulisan ini pernah ditayangkan di Kompasiana Tgl. 24 Juni 2015

Aldy M. Aripin

Seorang suami dari seorang istri, Ayah dari dua orang putri dan eyang dari dua orang putu. Saat ini bekerja sebagai profesional pada sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pengusahaan hutan.